Tiba di Tanah Air, Jokowi Langsung Melayat ke Rumah Duka Almarhum Tjahjo Kumolo

JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo telah meninggal dunia, Jumat (01/07/2022) kemarin.

Setibanya di tanah air usai lawatan ke Ukraina, Rusia, dan Abu Dhabi Uni Emirat Arab,  Presiden Joko Widodo (Jokowi)  langsung melayat ke rumah almarhum di kompleks Menteri Widya Chandra, Jakarta, Sabtu (02/07/2022).

Presiden Jokowi didampingi  ibu negara, Iriana tiba pukul 07.22 WIB. Istri Tjahjo, ErniGuntarti beserta anak-anaknya yaitu Rahajeng Widyaswari, KaruniaPutri Pari Cendana, dan menantunya Detri Warmanto menyambut langsung kehadiran kepala negara.

Presiden dan Ibu Iriana kemudian berbincang dengankeluarga almarhum. Setelah berbincang sekaligus mendoakan almarhum, PresidenJokowi dan Ibu Iriana berpamitan dan meninggalkan rumah duka.PresidenJokowi mengenang almarhum Tjahjo Kumolo sebagai pribadi yang tenang dansederhana. Menurut Kepala Negara, Tjahjo Kumolo juga merupakan seorang tokohteladan dan nasionalis sejati.

“Beliau seorang tokoh teladan dan nasionalissejati, yang penuh integritas dan setia mengabdikan dirinya untuk masyarakat,bangsa, dan negara,” kata Presiden saat menyampaikan belasungkawa di Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab, Jumat (1/7) malam.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana saatbertakziah, yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris KabinetPramono Anung beserta Ibu Endang Nugrahani.

Tjahjo Kumolo berpulang pada Jumat (01/07/2022)pukul 11.10 WIB kemarin. Sebelum kabar duka datang, almarhum dirawat di RSAbdi Waluyo sejak 20 Juni 2022 dan kondisinya sempat membaik.

Tjahjo telah dimakamkan pada Jumat (01/07/2022)sore secara militer di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.Upacarapemakaman dipimpin Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno. “SayaPratikno, Menteri Sekretaris Negara, atas nama negara, bangsa dan TentaraNasional Indonesia, dengan ini mempersembahkan gelar persada Ibu Pertiwi, jiwaraga dan jasa-jasa Almarhum Haji Tjahjo Kumolo, Menteri Pendayagunaan AparaturNegara dan Reformasi Birokrasi,” ujar Pratikno.Sejumlahpejabat negara dan politkus menghadiri pemakaman Tjahjo. Mereka silih bergantiberdatangan sejak pukul 16.00 WIB.

Mereka yang hadir antara lain Menteri Sosial TriRismaharini, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Kemudian MenteriPemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati,Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Menteri Komunikasi dan Informatika JohnnyG. Plate, hingga Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Hadir pula Ketua DPR Puan Maharani, Kepala BPOMPenny K. Lukito, Kepala BNPT Boy Rafli Amar, Gubernur Lemhannas AndiWidjajanto, dan mantan Kepala BIN AM Hendropriyono,

Selain itu ada juga Ketua Umum Partai NasDem SuryaPaloh, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, hingga Tenaga Ahli KSP Ali MochtarNgabalin.

Tak terlihat ada Megawati dalam proses pemakamanini. Politikus PDIP Deddy Sitorus mengatakan Megawati mengikuti prosesipemakaman Tjahjo secara online lewat kanal Youtube PDIP.Politikus PDI Perjuangan HendrawanSupratikno menceritakan kronologi meninggalnya Tjahjo Kumolo.Hendarawan mengatakan mulanya Tjahjo sempatmerasa keletihan akibat bekerja. Dia pun jatuh sakit kemudian dirawat di RumahSakit Abdi Waluyo sejak pertengahan Juni lalu.

Setelah jatuh sakit itu diketahui bahwaTjahjo mengidap komplikasi penyakit mulai dari paru-paru hingga asam urat.

Tjahjo adalah kader senior PDIP. Padaawal karier politiknya Tjahjo juga sempat menjadi kader Golkar. Namunnamanya menjulang bersama PDIP hingga akhirnya dipercaya Ketua UmumMegawati Soekarnoputri sebagai Sekjen PDIP.Ia melepaskan jabatannya sebagai Sekjen PDIPsetelah dianggkat sebagai Menteri oleh Presiden Jowowi. (pr/kt5)

Redaktur: Hamzah 

47 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.