Perlu Dicatat, 5 Penyakit di Musim Hujan dan 10 Tips Pencegahannya

cuaca hari ini
ilustrasi hujan. Foto: isal

Jogjakartanews.com – Musim hujan rentan dengan timbulnya berbagai jenis penyakit, selain ancaman bencana alam yang bisa datang tiba-tiba.

Berbeda dengan bencana alam seperti banjir, longsor dan sebagainya yang tidak bisa diprediksi kapan terjadinya, untuk penyakit penyerta musim hujan bisa diprediksi karena telah melalui serangkaian penelitian medis.

Natal dan Tahun Baru

Lalu, apa saja penyakit yang biasa terjadi saat musim hujan berlangsung?

Beberapa penyakit penyerta musim hujan yang perlu diketahui ketahui, diantaranya adalah Influenza, Demam Berdarah Dengue (DBD), Diare, Penyakit Kulit, dan Leptospirosis

Bagaimana cara menjaga agar tetap sehat di musim hujan?

Berikut ini ada beberapa cara agar tidak mudah sakit saat musim hujan yang dilakukan

1. Makan makanan yang bergizi dan seimbang

Pastikan kebutuhan gizi kamu tetap seimbang dengan makan makanan sehat, mulai dari sayur-sayuran dan buah. Selain itu, perlu juga mengonsumsi daging sebagai sumber protein dan lemak. Selain itu, pastikan juga mengonsumsi karbohidrat untuk menambah tenaga.

2. Rutin berolahraga minimal 30 menit sehari

Meski musim hujan, kita tetap harus berolahraga. Hal ini agar tubuh tidak gampang lelah ketika beraktivitas sehari-hari.
Olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah saja seperti yoga, naik turun tangga, dan senam.

3. Istirahat atau tidur yang cukup.

Istirahat atau tidur yang cukup dan berkualitas sangat bermanfaat untuk Kesehatan. Diantaramanfaatnya adalah tubuh menjadi lebih sehat, Meredakan rasa nyeri, Menurunkan risiko terjadinya cidera, Memperbaiki suasana hati, Mengontrol berat badan, Meningkatkan daya ingat dan daya fikir, dan Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Rajin minum suplemen dan vitamin agar tidak sakit

Lengkapi kebutuhan nutrisi yang diperlukan tubuh dengan minum suplemen dan vitamin. Vitamin yang paling utama untuk menjaga daya tahan tubuh adalah vitamin C.
Vitamin C mampu mencegah datangnya penyakit seperti flu dan batuk. Buah-buahan, seperti jeruk yang mengandung vitamin C juga baik untuk dikonsumsi.

5. Cukupi Kebutuhan Konsumsi Air Mineral Bersih

Cukupi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan rutin mengkonsumsi air mineral atau air bersih. Kekurangan cairan tubuh bisa menyebabkan tubuh menjadi lemas dan menghilangkan fokus diri. Minum air putih minimal 8 gelas sehari. Namun demikian hindari minum air terlalu berlebihan karena bisa menyebabkan permasalahan pada kantung kemih.

6. Pakailah Masker saat Keluar Rumah

Pandemi Covid-19 saat ini belum berakhir, sehingga tetap perlu waspada dan selalu menggunakan masker saat pergi ke luar rumah. Jangan mengambil risiko untuk terkena penyakit saat musim hujan.

7. Jaga kebersihan tubuh

Jaga kebersihan tubuh dengan rajin mencuci tangan dan mandi setelah pergi ke luar rumah. Membersihkan tubuh dengan sabun bisa mematikan bakteri dan virus penyebab penyakit yang menempel di tubuh dan tangan kita.

8. Bersihkan Perabot Rumah dengan Disinfektan

Pada musim hujan, ketahanan tubuh bisa saja melemah. Selain menjaga kebersihan diri, kita juga bisa rutin membersihkan perabot rumah. Apalagi, virus dan bakteri bisa menempel di permukaan furnitur, seperti meja dan kursi.

9. Sedia payung dan jas hujan saat bepergian

Jika terpaksa harus melakukan kegiatan di luar rumah, selalu ingat untuk membawa payung dan jas hujan.
Kedua benda ini wajib ada di tas bawaanmu selama musim hujan. Apalagi, kita tidak bisa memprediksi kapan hujan akan turun.

10. Selalu Berdoa Kepada Tuhan

Doa kepada Tuhan untuk memohon keselamatan adalah sesuatu yang penting dan harus dilakukan. Sebab sesungguhnya hanya Tuhan yang bisa memberi pertolongan, menghindarkan kita dari segala macam mara bahaya dan penyakit.

Demikian 5 Penyakit di Musim Hujan dan 10 Tips Pencegahannya, dirangkum dari berbagai sumber berkompeten. Semoga bermanfaat. (rw/kt1)

Redaktur: Hamzah

61 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *