Ganjar, Prabowo dan Airlangga, 3 Besar Capres yang Bergaung di Musra XVI DIY

Musra ke-XVI di Sleman City Hall, Minggu (29/01/2023). Foto: Ist
Musra ke-XVI di Sleman City Hall, Minggu (29/01/2023). Foto: Ist

SLEMAN – Sejumlah tokoh nasional dimunculkan sebagai Calon Presiden (Capres) dalam Musyawarah Rakyat ( Musra ) Indonesia ke-XVI Yogyakarta, yang digelar di Sleman City Hall, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu (29/01/2023).

Dalam Musra bergaung nama Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Airlangga Hartarto, dan banyak lagi tokoh lainnya yang digadang sebagai penerus Presiden Jokowi.

Ketua Panitia Musra XVI DIY, Toni Triyanto mengatakan Musra digagas oleh relawan Jokowi, di antaranya Projo, Sekber, Jaman, Gerakan Kebangsaan, Seknas, dan relawan lainnya.

Menurutnya, Musra adalah wujud komitmen para relawan Jokowi untuk menegakkan perjuangan demokrasi bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Musra ini merupakan rapat akbar masyarakat untuk menggodok siapa tokoh yang layak memimpin NKRI pasca berakhirnya masa kepemimpinan Presiden RI Joko Widodo pada Oktober 2024 mendatang. Oleh karena itu, perlu dicari sosok atau figur pemimpin yang dapat meneruskan kepemimpinan beliau (Jokowi)” katanya kepada wartawan, di sela-sela Musra.

Ia menegaskan, Musra yang digelar merupakan salah satu upaya Presiden Jokowi untuk mempersiapkan kepempinan nasional yang akan dating, dengan mengakomodir suara atau masukan dari akar rumput relawan. Harapannya, agar kepemimpinanan nasional ke depan mampu melanjutkan agenda-agenda kerakyatan yang sudah dijalankan Presiden Jokowi.

“Kami menyelenggarakan Musra ini tidak lain tidak bukan hanya untuk mendengar aspirasi yang tentu kami akan sampaikan ke bapak presiden,” imbuhnya.

Ia menambahkan, sampai dengan hari ini Musra sudah beranjak ke putaran 15. Puncak Musra diperkirakan akan berlangsung di pertengahan Maret di Jakarta. Di puncak Musra itu, akan diumumkan 3 nama capres-cawapres yang menduduki posisi tertinggi selama berlangsungnya Musra.

Sementara itu, Sekretaris Panitia Nasional Musyawarah Rakyat (Musra), Taki Reinhard Parapat mengungkapkan dari hasil e-voting yang sudah dilakukan sejauh ini, muncul nama-nama yang akan disodorkan ke Presiden.

“Ada beberapa nama yang sudah masuk dalam Musra ini. Ada Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Airlangga, Moeldoko, di Jogja ada Sultan, Erick, Sandiaga, Arsjad Rasjid,” kata Taki.

Taki melanjutkan, untuk hasil e-voting hari ini akan disampaikan dalam beberapa hari ke depan. Hasil ini akan diserahkan ke Jokowi sebagai pertimbangan untuk melanjutkan tongkat kepemimpinan.

“Nanti dari yang sudah di e-vote akan dikompilasi dan minggu depan akan kami sampaikan hasil e-vote,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua Dewan Pengarah Musra Indonesia, Andi Gani Nena Wea mengatakan,

Sejauh ini sepanjang Musra 3 besar Capres ada nama Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Airlangga Hartarto. Sementara cawapres, Mahfud MD, Sandiaga Uno, Arsjad Rasjid, dan Moeldoko.

“Kita akan sampaikan dalam acara puncak (Musra di Jakarta) dan hasilnya akan diserahkan kepada Bapak Presiden Jokowi,” tandasnya. (kt1)

Redaktur: Faisal.

53 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com