30 Januari Hari Primata, Diperingati demi Kelangsungan Satwa Dilindungi

hari primata
ilustrasi

jogjakartanews.com – Hari ini, 30 Januari diperingati sebagai hari Primata Indonesia. Tidak diketahui secara pasti kapan pertama kali peringatan ini dirayakan di Indonesia. Namun, beberapa sumber mengatakan Hari Primata Indonesia setiap tahunnya sudah dilaksanakan sejak 2000.

Melansir situs resminya, sejarah Hari Primata Indonesia dilatar belakangi kampanye primata Indonesia oleh ProFauna Indonesia pada Januari 2001. Dalam kampanye bertema “Primate Freedom tour” itu bertujuan untuk mempromosikan perlindungan primata Indonesia.

Kampanye primata Indonesia tersebutlah yang kemudian banyak memberikan inspirasi bagi masyarakat maupun kelompok lain untuk turut melakukan kampanye primata Indonesia. Selanjutnya tanggal 30 Januari diperingati sebagai Hari Primata di Indonesia.

Peringatan ini digagas langsung oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Indonesia. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang menjaga hewan primata dari risiko kepunahan.

Bukan hanya itu, terdapat beberapa tujuan lain yang menjadi dasar penting dari peringatan Hari Primata Indonesia. Diantaranya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya primata dalam ekosistem.

Melalui peringatan Hari Primata Indonesia, diharapkan masyarakat dapat mengetahui betapa pentingnya peran primata dalam ekosistem dan bagaimana keberadaan mereka mempengaruhi lingkungan sekitar.

Selain itu, hari Primata Indonesia juga bertujuan untuk melindungi spesies primata yang terancam punah. Hal ini dilakukan dengan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya perlindungan primata dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk menyelamatkan spesies yang terancam punah.

seperti diketahui, primata adalah salah satu spesies hewan yang banyak ditemukan di Indonesia. Mulai dari lutung, monyet ekor panjang, simpai, beruk, monyet bekantan, hingga orang utan. Beberapa jenis monyet ini tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Sayangnya, faktor kerusakan lingkungan menjadi salah satu penyebab populasi primata di Indonesia semakin menurun. Bukan hanya faktor lingkungan, ulah oknum yang kerap memburu berbagai jenis primata juga semakin mengancam kepunahan hewan ini. Jika dibiarkan begitu saja, bukan tak mungkin spesies primata di Indonesia sudah tidak bisa ditemukan lagi.

Oleh karena itu, Dalam rangka memperingati Hari Primata Indonesia setiap tanggal 30 Januari, pemerintah bersama masyarakat maupun kelompok masyarakat pecinta satwa biasanya melakukan serangkaian kegiatan dalam rangka pelestarian dan perlindungan primata Indonesia. Misalnya seperti lepasliarkan satwa-satwa tertentu, terutama jenis primata untuk dikembalikan ke habitat asalnya. (kt1)

Redaktur: Faisal

 

60 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com