Kunjungi Sri Sultan, Kapolri Minta Masukan Terkait Kamtibmas

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menerima kunjungan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Jumat (03/03/2023). Foto: Humas Pemda DIY
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menerima kunjungan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Jumat (03/03/2023). Foto: Humas Pemda DIY

YOGYAKARTA – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengunjungi Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Jumat (03/03/2023). Pertemuan berlangsung selama lebih dari dua jam di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan Yogyakarta. Dalam pertemuan tertutup tersebut kedua tokoh membicarakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Sigit yang sebelum pertemuan dengan Sri Sultan melakukan rapat kerja teknis di Hotel Alana, Yogyakarta ini mengatakan, Polri perlu mengambil langkah terkait dengan situasi Kamtibmas di Indonesia. Untuk itu melalui pertemuan ini, dirinya meminta masukan dari Sri Sultan untuk bisa mengatasi situasi-situasi yang dimungkinkan mengancam Kamtibmas.

“Kami dari Polri perlu mengambil langkah-langkah dan masukan-masukan terkait situasi-situasi dan tugas-tugas yang harus dilaksanakan oleh Polri sebagai pelindung dan pengayom masyarakat dan mendukung Kamtibmas dan lainnya. Hal-hal itu yang kami diskusikan dan minta masukan-masukan beliau (Sri Sultan),” ungkap Listyo Sigit yang didampingi oleh Irwasum Komjen Ahmad Dofiri, Kapolda DIY Irjen Suwondo Nainggolan, dan Kapolda Jateng Irjen Ahmad Lutfi.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengamini pernyataan Kapolri tersebut. Menurut Sri Sultan, permasalahan Kamtibmas memang menjadi permasalahan global di Indonesia. Untuk itu memang diperlukan diskusi tidak hanya di ranah pusat, tapi diperlukan masukan-masukan dari daerah, termasuk DIY. Apalagi saat ini, DIY memiliki Jaga Warga, yang bisa menjadi bagian penting bagi penjagaan keamanan dari desa.

“Kebetulan Kapolda saya sregep dialog di kalurahan-kalurahan juga. Jadi harapan saya kekerasan sudah berkurang, biarpun ada yang terakhir di titik nol itu,” ujar Sri Sultan. (pr/kt1)

 

Redaktur: Faisal

 

57 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com