Melalui Jurnal Muqtasid, FEBI UIN Salatiga Mendapat Kehormatan di Forum AFEBIS

Managing Editor Jurnal Muqtasid, Agung Guritno mendapat kehormatan sebagai pemateri dalam Workshop Pengelolaan Jurnal yang diselenggarakan Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (AFEBIS). Foto: doc/FEBI UIN Salatiga.
Managing Editor Jurnal Muqtasid, Agung Guritno mendapat kehormatan sebagai pemateri dalam Workshop Pengelolaan Jurnal yang diselenggarakan Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (AFEBIS). Foto: doc/FEBI UIN Salatiga.

SAMARINDA –  Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Salatiga kembali menunjukkan kiprahnya di tingkat nasional. Kali ini, Managing Editor Jurnal Muqtasid, Agung Guritno mendapat kehormatan sebagai pemateri dalam Workshop Pengelolaan Jurnal yang diselenggarakan Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (AFEBIS).

Workshop sekaligus Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) AFEBIS tersebut digelar di Hotel Bumi Senyiur Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim), Kamis (25/05/2023).

Acara diikuti para dekan, wakil dekan dan delegasi pengelola jurnal FEBI di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) Kementrian Agama (Kemenag) RI.

Dalam pemaparnnya, Agung Guritno menjelaskan, Muqtasid merupakan Jurnal Sinta 2 yang dikelola FEBI UIN Salatiga yang berafiliasi pada Program Studi Perbankan Syariah.

“Selain Muqtasid, FEBI UIN Salatiga memiliki Indonesian Journal of Islamic Economics Research (IJIER), Jurnal of Islamic Entrepreneurship and Management (JIEM) dan Jurnal Islamic Accounting Journal (IAJ). Muqtasid diproyeksikan menjadi Jurnal Ekonomi Islam yang terindeks Scopus,” ungkapnya.

Agung Guritno hadir didampingi Dekan FEBI UIN Salatiga, Dr. Mochlasin, M. Ag yang juga sebagai Divisi Publikasi AFEBIS sekaligus Person in Charge (PIC) atau penanggungjawab Workshop.

Mochlasin menuturkan, dengan sharing pengelolaan Jurnal Muqtasid, FEBI UIN Salatiga dalam forum AFEBIS, diharapkan peserta mendapatkan tambahan referensi pengelolaan jurnal di FEBI PTKIN lainnya di Indonesia.

“Setelah acara workshop ini, tentu FEBI UIN Salatiga terus berupaya meningkatkan kualitas jurnal Muqtasid dan diharapkan bisa menjadi referensi pengelolaan jurnal bagi PTKIN lainnya,” ucapnya.

Ia menambahkan, selain Agung sebagai pemateri perrtama, juga dihadirkan pemateri lainnya. Materi kedua disampaikan Kuat Ismanto Editor in Chief Jurnal IJIBEC UIN Gus Dur Pekalongan (SINTA2), Nasrul Fahmi Zaki Fuadi Editor in Chief jurnal Economica UIN Walisongo Semarang (SINTA 2) dan M. Arif Managing Director Jurnal Syirkah FEBI UIN Raden Mas Said Surakarta (SINTA 2)

“Para pemateri menyampaikan tips-tips dan pengalamannya bagaimana mengelola jurnal di lingkungan FEBI menuju Sinta 2,” pungkas Mochlasin.

Untuk diketahui, Sinta (Science and Technology Index) merupakan sebuah portal indexing journal yang dikelola oleh Kemendikbud Republik Indonesia.

Terdapat 6 kategori pada tingkatan jurnal sinta. Yaitu sinta 1, sinta 2, sinta 3, sinta 4, sinta 5 dan sinta 6.

Pembagian kategori ini berdasarkan dari peringkat akreditasi sebuah jurnal. Tingkatan Jurnal Sinta 2 dengan nilai (n) mulai dari 70 ≤ hingga 85 ≤. Jurnal yang masuk dalam kategori ini disebut sebagai jurnal Sinta 2 (S2)(kt1)

Redaktur:: Faisal

57 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com