Lakukan Terobosan Penting, AFEBIS Launching Website dan Jurnal 

Ketua umum AFEBIS, Prof. Dr. Tulus Suryanto, MM., Akt, C.A., (Kanan) saat launching Website dan Jurnal AFEBIS. Foto: doc/AFEBIS
Ketua umum AFEBIS, Prof. Dr. Tulus Suryanto, MM., Akt, C.A., (Kanan) saat launching Website dan Jurnal AFEBIS. Foto: doc/AFEBIS

SAMARINDA – Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (AFEBIS) kembali melakukan terobosan penting.

Dalam rangkaian acara Workshop Pengutan Jurnal dan Seminar Nasional, di Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim), belum lama ini, AFEBIS melaunching Website dan Jurnal

Ketua umum AFEBIS, Prof. Dr. Tulus Suryanto, MM., Akt, C.A., menuturkan, peluncuran website dan Jurnal merupakan langkah besar dan strategis dalam meningkatkan visibilitas dan aksesibilitas AFEBIS sebagai tempat berhimpunnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) dari seluruh PTKIN di Indonesia.

“Kami mengundang semua peserta anggota AFEBIS dan mitra kerja untuk mengunjungi website AFEBIS,” tuturnya, Minggu (28/05/2023).

Baca Juga: Dorong Riset dan Publikasi Ekonomi Islam, AFEBIS Gelar Workshop Penguatan Jurnal di Samarinda

Tulus menjelaskan, Melalui alamat https://afebis.org/ dapat diakses berbagai informasi kegiatan, program, dan prestasi dari seluruh fakultas yang tergabung dalam asosiasi.

Pada website AFEBIS juga dapat diakses profil pengurus dan anggota, foto-foto kegiatan, serta berita terkini tentang perkembangan FEBI (Fakultas Bisnis dan Ekonomi Islam) dari berbagai PTKIN anggota AFEBIS.

“Tersedia pula informasi mengenai seminar, workshop lokakarya, dan acara lainnya yang diselenggarakan seluruh fakultas anggota,” ujarnya.

Selain meluncrkan Website, kata Tulus, AFEBIS juga membuat terobosan penting dengan meluncurkan jurnal yang bernama Journal of Islamic Development and Social Welfare (JIDSoW).

Baca Juga: Managing Editor Jurnal Muqtashid FEBI UIN Salatiga Pemateri Workshop dalam Forum AFEBIS

Menurutnya, penerbitan Jurnal ini merupakan ikhtiar atas kondisi obyektif keberadaan jurnal di seluruh FEBI yang sampai saat ini belum ada yang terindeks Scopus.

“Reasoning (alasan) kedua mempertimbangkan melimpahnya SDM dalam pengelolaan jurnal di setiap anggota asosiasi (AFEBIS),” imbuhnya.

Tulus berharap seluruh pihak untuk mendukung dengan mengirimkan hasil riset terbaiknya.

“Manfaat strategis keberadaan jurnal ini, bila nantinya terindeks Scopus dapat mendukung akselerasi guru besar di lingkungan FEBI. Mengingat keberadaan guru besar Ekonomi dan Bisnis Islam dengan berbagai varian keilmuannya dirasa masih sangat minim. Dengan semboyan, yakin usaha sampai dan dukungan semua pihak, Jurnal JIDSoW kelak akan menjadi kebanggaan FEBI seluruh Indonesia,” harapnya.

Penerbitan Jurnal AFEBIS dikelola oleh Tim di bawah koordinasi Divisi Riset dan Publikasi AFEBIS yang diemban oleh Dr. Mochlasin, M.Ag.

Baca Juga: Dekan FEBI UIN Salatiga, PIC Workshop Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Mochlasin berharap Keberadaan Tim ini diharapkan dapat permanen tidak terpengaruh oleh pergantian pengurus sehingga keberkalaannya bisa terjaga.

“JIDSoW ditargetkan terbit perdana tahun ini dan diharapkan dalam kurun waktu dua tahun dapat terindeks Scopus,” ungkap Mochlasin yang juga menjabat Dekan FEBI UIN Salatiga.

Untuk diketahui, AFEBIS menggelar Workshop Pengutan Jurnal dan Seminar Nasional, di Samarinda, Kaltim pada Kamis (25/05/2023) di Hotel Bumi Senyiur, Samarinda. Acara terlaksana atas kerjasama AFEBIS dengan FEBI UIN Sultan Aji Muhammad Idris. (pr/rd1)

Redaktur: Ja’faruddin. AS

54 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com