Refleksi Hari Lingkungan Hidup Sedunia: Sudahkah Kita Peduli dengan Lingkungan Kita?

Oleh: Indra Hari Purnama

Indra Hari Purnama saat berkegiatan penanaman pohon di Banjarnegara. Foto: doc/pri
Indra Hari Purnama saat berkegiatan penanaman pohon di Banjarnegara. Foto: doc/pri

SENIN  pagi yang cerah ini, kuawali dengan membuka laptop dan melirik kalender, ternyata hari ini tanggal 5 Juni, saya teringat bahwa hari ini merupakan ditetapkannya hari lingkungan hidup sedunia. Saya pun akhirnya mempertanyakan kepada diri saya sendiri apa yang sudah saya lakukan untuk lingkungan saya?, apakah saya sudah mengelola lingkungan saya dengan baik ?

Satu persatu mencoba saya urai terkait kedua pertanyaan di atas, harus jujur saya akui, bahwa ternyata saya belum bisa menjaga dan merawat lingkungan di sekitar tempat tinggal, apalagi menjaga dan melestarikan lingkungan dalam skala besar. Kesadaran akan kebersihanpun masih minim, hal ini nampak jelas di mana sungai kecil yang mengalir di depan rumah masih bertumpuk sampah dan malah menjadi tempat pembuangan sampah akhir masyarakat. sampai disini saya masih belum peduli untuk memberikan ruang bagaimana memanfaatkan limbah sampah tersebut menjadi sesuatu yang berarti.

Tentunya antara hati, pikiranan dan perasaan ini kontra dengan lingkungan yang ada, akan tetapi belum ada langkah dan pergerakan untuk memulai agar lingkungan ini menjadi lebih asri dan lestasi. Lalu pertanyaannya kemudian, apakah hanya dibersihkan saja?, tentunya tidak, bagi yang memiliki pengetahuan tentang pengelolaan sampah misalnya, mereka dapat memformulasikan sampah-sampah tersebut menjadi pupuk organic, dan bahkan juga dapat diolah menjadi bahan bakar minyak.

Selain itu, barangkali sungai kecil ini bisa menjadi lahan destinasi menyalurkan hobi dengan memelihara ikan atau menabur benih-benih ikan, dan menjadikannya tempat pemancingan yang siapa saja dapat memancing ikan di lingkungan tersebut gratis dengan catatan tetap menjaga kebersihan dan tidak meracuninya, agar tumbuh kembang ikan tetap terjaga dan tetap ada.

Langkah-langkah tersebut tentunya tidak akan kuat jika dilakukan seorang diri, banyak pihak perlu sadar dan perlu menyadarkan kepada siapa saja akan pentingnya lingkungan ini agar terjaga dan terawatt, serta apalagi hingga bagaimana bisa memanfaatkannya menjadi sesuatu yang bernilai dan menjadikan lapangan kerja serta penguat ekonomi masyarakat di sekitarnya.

Mari jadikan peringatan hari lingkungan hidup sedunia ini untuk merawat lingkungan kita hari ini, demi lingkungan yang maslahat kelak. Salam lestari !.

*Indra Hari Purnama adalah Penulis dan Founder Rumah Baca Purnama, tinggal di banjarnegara

57 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com