Beri Solusi Persoalan Skripsi Pada Mahasiswa, FEBI UIN Salatiga Selenggarakan Pelatihan Pelatihan Data Analyst Menggunakan E-Views

Pelatihan Data Analyst menggunakan E-Views Prodi Ekonomi Syariah FEBI UIN Salatiga Selasa (11/07/2023). Foto: Ist
Pelatihan Data Analyst menggunakan E-Views Prodi Ekonomi Syariah FEBI UIN Salatiga Selasa (11/07/2023). Foto: Ist

SALATIGA – Dalam menyelesaikan skripsi, tak jarang mahasiswa mengalami kesulitan dalam melakukan olah data penelitian. Sebagai jalan pintas, kadang mahasiswa melibatkan pihak ketiga dalam olah data, sehingga mahasiswa sendiri tidak memiliki kemampuan membaca hasilnya.

Sebagai solusi persoalan tersebut Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga, terus melakukan beragam inovasi  untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas mahasiswanya, termasuk dalam kemampuan olah data pada skripsi yang menjadi mata kuliah wajib.

Dekan FEBI UIN Salatiga, Dr. Mochlasin, M.Ag., mengungkapkan, FEBI UIN Salatiga berupaya untuk memberikan solusi dari permasalahan olah data penelitian tersebut dengan mengadakan Pelatihan Data Analyst menggunakan E-Views, belum lama ini.

Mochlasin menandaskan, mahasiswa itu idealnya tidak sekadar memahami metodologi dalam penelitian saja, tetapi juga harus sampai dengan memahami bagaimana cara mengolah data.

“Penelitian yang baik itu bukan hanya penelitian yang selesai, namun penelitian yang mantab metodologinya dan tepat olah datanya,” tuturnya dalam keterangan resminya, Sabtu (29/07/2023).

Kegiatan Pelatihan Data Analyst menggunakan E-Views bertema “Sukses Olah Data dengan E-Views” tersebut telah dilaksanakan oleh Program Studi Ekonomi Syariah pada Selasa (11/07/2023) yang lalu di Ruang Rapat Lantai 1 Gedung FEBI Kampus 3.

Dalam sambutannya, Ketua Program Studi Ekonomi Ekonomi Syariah, Emy Widyastuti, M.E., mengatakan bahwa banyak mahasiswa yang merasa kesulitan dalam melakukan olah data yang kemudian olah data diberikan kepada pihak ketiga, akhirnya mahasiswa membaca hasil pun tidak bisa.

“Harapan kami, kegiatan ini bisa menjadi solusi bagi mahasiswa yang mengalami kesulitan olah data sebab acara ini tidak hanya teori saja namun juga ada praktiknya,” katanya.

Emy juga berpesan kepada seluruh peserta untuk bisa mengikuti acara ini dengan baik karena akan berguna ketika mahasiswa mengambil mata kuliah skripsi.

Sementara itu, Mochlasin menyampaikan apresiasi dan berterima kasih kepada HMPS Ekonomi Syariah yang telah menginisiasi kegiatan, sebab menurutnya mayoritas mahasiswa FEBI UIN Salatiga menggunakan software E-Views.

Narasumber dalam acara tersebut adalah Mashilal, M.Si., Dosen UIN Walisongo. Dihadapan kurang lebih 50 peserta Mashilal menyampaikan materi tentang olah data menggunakan E-Views dan diakhiri dengan praktik olah data secara langsung.

Mashilal membimbing mahasiswa dalam olah data secara step by step.

“Mahasiswa cukup baik dalam mengikuti materi dan cukup antusias terbukti dengan banyak pertanyaan-pertanyaan teknis dalam olah data ini,” ucapnya. (pr/rd1)

Redaktur: Faisal

58 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com