Odilko House Tempat Menginap Unik di Yogyakarta dengan Konsep Industrialis

Odilko House, tempat menginap yang unik di Yogyakarta. Foto: ist
Odilko House, tempat menginap yang unik di Yogyakarta. Foto: ist

YOGYAKARTA –  Berwisata ke Yogyakarta tanpa menginap, pastinya tak lengkap dan kurang berkesan.

Banyak hotel, home stay atau penginapan unik yang bisa ditempati saat berkunjung ke Kota Gudeg ini, salah satunya Odilko House yang berada di Dusun Bakungan, RT.02/RW.56, Wedomartani, Ngemplak, Sleman.

Odilko House menawarkan konsep industrial yang unik dan berbeda dengan kebanyakan home stay di Yogyakarta.

Owner Odilko House  Ignasius Pintoko Agung Wibowo mengungkapkan, Odilko House  adalah rumah singgah untuk merangkul orang-orang kreatif agar bisa melakukan aktivitas layaknya di rumah sendiri.

Agung menjelaskan, Odilko House menyediakan 28 kamar untuk menginap. Kemudian ada rooftop yang merupakan area bebas, dimana penyewa bisa melakukan kegiatan sesuai krativitasnya, dari sekadar bersantai sembari menikmati sunset dengan back ground Gunung Merapi  hingga live music.

Odilko House menawarkan akomodasi dengan lounge bersama, restoran, dan dapur bersama untuk kenyamanan Cosumer. Juga disediakan WiFi di seluruh area publik properti untuk membantu customer tetap terhubung dengan keluarga dan teman di luar.

“Resto juga ada cafenya, Kalau mau shalat ada mushola juga di atas. Ada juga common room,  jadi area interaksi antara kamar-kamar, jadi kayak kita keluarga aja. Beberapa kali ada  acara semisal ulang tahun, jadi mengundang keluarga. Kalau di atas bisa menampung sekitar 90 orang. Di bawah mungkin ya sekitar 40 an kita bisa tata,” kata Agung, Minggu (17/09/2023).

Selain itu, untuk kenyamanan bagi penginap, semua unit dilengkapi AC dan TV layar datar. Kamar mandi pribadinya dilengkapi dengan bidet dan perlengkapan mandi gratis.

Customer juga diberi kenyamanan dalam memarkir kendaraannya dengan area parkir yang cukup luas dan aman.

Karyawan-karyawan muda yang ramah juga siap membantu memudahkan keperluan anda selama menginap.

Kelebihan Odilko House lainnya adalah letaknya yang relatif dekat dengan berbagai tempat wisata di wilayah Kabupaten Sleman maupun Kota Jogja. Hanya berjarak sekira 10 Km ke Kawasan wisata Kaliurang, 8 km ke Candi Prambanan, 8,7 km ke Tugu Kota Yogyakarta, dan 11 KM ke Malioboro Mall.

Jarak dari Bandara Internasional Adisutjipto hanya  8 km dan waktu tempuh hanya sekira 15 menit. Sedangkan  dari stasiun Tugu Jogja sekira 20 menit atau kurang lebih 12 km. Sedangkan jika anda bertolak dari terminal bus Giwangan 25 menit atau 16 km.

Agung menjelaskan, nama Odilko  adalah gabungan nama dari kedua anaknya. Home stay  yang dibangun bertepatan dengan Pandemi Covid 19,  tahun 2020 silam ini tidak meniru tempat-tempat manapun yang sudah ada dan terkenal.

Semua arsitekturnya berdasarkan imajinasi dari Agung sendiri. Meski tidak memiliki backgound arsitek, namun Agung punya hobi dengan desaian interior dan eksterior, khususnya dengan materi metal atau logam.

“Konsep ini sepertinya enggak ada di Jogja. Jadi bener-bener kita bikin sesuatu yang beda. Semua ornamen-ornamen itu kita bikin sendiri. Enggak ada kita beli di toko. Jadi imajinasi saya sendiri,” ungkap alumni Fakultas Ekonomi Universitas Atma Jaya Yogyakarta ini.

Kreatifitas Agung inilah yang menghasilkan Karakter Bangunan Odilko House  yang beitu unik. Meski didominasi metal, namun suasana tetap sejuk, serta kental dengan sentuhan seni kontemporer, seperti instalasi listrik seperti gurita. Banyak penginap yang berswafoto atau membuat video pendek untuk mereview kemudian diposting di Instagram.

Meski ada café dan resto pengunjung Odilko House juga diperbolehkan atau bebas membeli makanan dari luar untuk dibawa ke dalam. Sebab Agung memang ingin berkolaborasi dengan semua pihak.

Menurut Agung, Odilko House menawarkan sarapan à la carte atau Asia. Resto dan Caffenya  juga menawarkan menu makanan khas Jawa. Kuliner yang khasnya adalah tongseng ayam wong mBayat.

“Bayat Itu daerah di Klaten Jawa tengah. Asal bapak saya. Kita bikin konsep-konseng yang beda dengan tongseng-tongseng lain dengan daging ayam kampung,” ujarnya.

Selain makanan, tentu di Caffe  Odilko House  tersedia aneka minuman kopi yang diracik oleh barista handal secara manual.

Cafe   tidak hanya dibuka untuk penyewa penginapan. Banyak kalangan mahasiswa yang datang untuk berdiskusi atau para pelaku bisnis yang melaksanakan gathering bersama koleganya.

Berikut harga sewa kamar untuk menginap di Odilko House:

Holiday Room Rate

Superior Room : Rp 250.000,-

Deluxe Room: Rp 300.000,-

Grand Deluxe: Rp 400.000,-

Balcony: Rp 550.000,-

Extra Bed: Rp 125.000,-

Week-Day Room Rate (Minggu sampai dengan Kamis)

Superior Room : Rp 140.000,-

Deluxe Room: Rp 175.000,-

Grand Deluxe: Rp. 225.000,-

Balcony: Rp 375. 000,-

Extra Bed: Rp 100.000,-

Mingguan/Orang

Superior Room : Rp 600.000,-

Deluxe Room: Rp 700.000,-

Grand Deluxe: Rp 800.000,-

Balcony: 1.000.000,-

Tambah Hari : Rp 100.000,-/hari

Tambah Orang:  Rp 200.000,-/mimggu

Extra Bed: Rp 250.000,-/minggu.

Reservasi (pemesanan) bisa melalui instagram @odilko.house atau melalui nomor whatsapp: 087812560777. Disarankan reservasi minimal sepekan sebelumnya, karena untuk weekend atau hari-hari libur nasional biasanya sudah tidak ada kamar tersedia. (rd1)

Redaktur: Faisal

 

 

 

62 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com