Luar Biasa! Begitu Ikut Lomba Tim Angklung RA Ar Rafif PAUD IT ADAR Langsung Sabet Juara Pertama Tingkat DIY

Tim Angklung RA Ar Rafif PAUD IT ADAR Tirtomartani Kalasan Sleman berhasil meraih juara 1 Lomba Angklung Tingkat DIY.
Tim Angklung RA Ar Rafif PAUD IT ADAR Tirtomartani Kalasan Sleman berhasil meraih juara 1 Lomba Angklung Tingkat DIY.

SLEMAN – Prestasi luar bias diraih Tim Angklung Siswa RA Ar Rafif PAUD IT ADAR Tirtomartani, Kalasan, Sleman.

Baru pertama kali mengikuti lomba, Tim yang terdiri dari 32 anak gabungan Siswa Kelas RA A dan RA B tersebut berhasil menyabet juara 1 lomba Angklung Tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang digelar di di Gedung APMD Yogyakarta, Minggu (19/05/2024) .

Lomba yang diselenggarakan oleh Epic Pro bekerjasama dengan Kreasi Seni Anak Yogyakarta tersebut bertema “Senandung Anak Negeri” tersebut diikuti oleh peserta tingkat TK/RA dan SD dari berbagai Kabupaten/ Kota di seluruh DIY, memperebutkan piala Gubernur DIY, untuk juara umum.

Kepala Sekolah RA Ar Rafif, Kepala RA Arrafif, Retno Kurniawati, S.Pd.i mengungkapkan, Siswa RA Ar Rafif berhasil meraih Juara I dalam kategori Klasemen TK B Pemula.

Menurutnya, lomba Angklung ini pertama kali diikuti tim siswanya sejak TK Ar Rafif PAUD IT ADAR membuka Ekstra Kurikuler (Eskul) Angklung.

“Lomba ini merupakan bagian dari program PAUD IT ADAR untuk mengembangkan minat dan bakat siswa serta sarana untuk berprestasi melalui ajang kompetisi,” tuturnya kepada wartawan, Rabu (22/05/2024).

Ia menjelaskan, untuk Eskul Angklung ke depan akan dijadikan program tahunan ikut dalam lomba.

Retno mengaku terharu skaligus bangga atas prestasi juara dalam lomba angklung tingkat DIY yang berhasil diraih anak-anak didiknya.

“Sangat berkesan, pertama mengikuti lomba angklung langsung mendapat juara. Ini sangat membuat kami senang dan bangga kepada murid kami dan bisa menunjukkan kepada wali murid bahwa anak-anak kami juga berbakat dalam
seni khususnya seni musik tradisional angklung,” ungkapnya ditemui, Rabu (22/05/2024).

Dalam mempersiapkan lomba, siswa dipandu pelatih Angklung dari Kota Yogyakarta, yaitu Rizky Alfiandani yang juga membina beberapa TK/RA favorit di wilayah Kota Yogyakarta dan sekitaranya.

Menurut Retno Eskul Angklung ini selain mengasah motorik juga kognitif anak, dimana anak mengenal, kemudian mengingat nada, menselesaraskan dengan pemain lainnya dalam pemain Angklung.

“Tujuan Eskul Angklung ini juga untuk megenalkan kepada peserta didik tentang alat musik tradisional peninggalan nenek moyang agar tidak punah atau tidak diambil alih negara lain,” ujarnya.

Pendidik Kelas A RA Ar Rafif, Faiz Sulthon Aulia, S.Pd menambahkan, prestasi sebagai juara dalam lomba Angklung tingkat DIY yang diraih oleh siswa RA Ar Rafif merupakan hasil kolaborasi antara orang tua dan guru.

“Misalnya untuk angklung itu kan ada hiasan. Bunda guru dan wali murid yang bekerjasama melakukannya, sehingga anak semangat latihan dan ikut lomba. Anak semangat, orang tua semangat, doanya juga semangat. Jadi ini hasil kerja keras bersama,” tandasnya.

Faiz berharap, prestasi yang telah diraih akan menambah semangat untuk semakin berprestasi di masa mendatang.

“Semoga kegiatan lomba angklung tidak berhenti sampai di sini, tidak hanya puas juara 1, tapi ke depan diharapkan bisa juara umum dan dapat meraih piala Gubernur DIY. Lomba juga tidak hanya saat ini saja, tapi ke depan juga terus ikut lagi di event-event lain,” pungkasnya. (pr/rd2)

Redaktur: Fefin Dwi Setyawati

57 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com