Peringatan 1 Tahun Berdiri, Program Doktor PGMI FTIK UIN Sunan Kalijaga Gelar Serangkaian Kegiatan Pengabdian Masyarakat

Memperingati Milad Ke-1 Program Doktor Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta ( PGMI FTIK UIN Sunan Kalijaga ) menyelenggarakan berbagai kegiatan pengabdian Masyarakatan.

SLEMAN – Sebagai bentuk pengabdian masyarakat sekaligus peringatan Milad (Ulang Tahun) pertamanya,  Program Doktor (S3) PGMI FTIK UIN Sunan Kalijaga melaksanakan pendampingan Rapat Kerja (Raker) dan Penyusunan Kurikulum, MI Sananul Ula Daraman, Srimartani, Piyungan Bantul.

Kegiatan digelar di Aula Pertemuan Lantai 3 Gedung PGMI FTIK UIN Sunan Kalijaga, Jl. Marsda Adisucipto Yogyakarta  selama 2 hari, Rabu dan Kamis, (10-11/07/2024).

Kegiatan diikuti oleh sedikitnya 50 peserta Guru, tenaga kependidikan dan Komite Sekolah.

Dalam pembukaan acara kemarin juga dilakukan pemotongan tumpeng oleh

Kepala Program Studi (Kaprodi) Program Doktor PGMI FTIK UIN Sunan Kalijaga, Prof. Dr. Hj. Istiningsih, M.Pd, sebagai bentuk rasa syukur atas bertambahnya usia Prodi PGMI FTIK UIN Sunan Kalijaga

Guru Besar yang akrab disapa Prof Isti ini menuturkan, kegiatan pengabdian masyarakat berupa pendampingan Raker dan penyusunan Kurikulum MI Sananul Ula Daraman  diisi seminar, training serta memotivasi kepada guru terkait dengan peningkatan kinerjanya.

Pemateri dalam kegiatan adalah para dosen dan Guru Besar pada Program Doktor PGMI UIN Sunan Kalijaga, diantaranya Prof. Dr. Hj. Erni Munastiwi, M.M.; Prof.Dr.Hj.Na’imah,M.Hum; Dr. Sigit Prasetyo, M Pd Si.

Selain dari Internal UIN Sunan Kalijaga juga dihadirkan pemateri  dari eksternal, yaitu Dr. Ir. Suranto, S.T, M.T, dari Universitas Muhammadiyah Surakarta yang menyampaikan materi Peningkatan Motivasi Kerja Tenaga Pendidik.

Penampilan para pemateri tersebut  menarik antusiasme peserta.

“Dengan acara ini diharapkan terjadi hubungan kerjasama, kolaborasi antara Program Doktor PGMI FTIK UIN Sunan Kalijaga dengan masyarakat yang punya kepentingan untuk kemajuan Pendidikan. Jadi nanti harapannya terbangun kolaborasi, biar program Doktor PG MI Bisa bermanfaat untuk khalayak, jangan menjadi menara gading yang tidak bisa tersentuh masyarakat, namun terjadi kerjasama yang sinergis” harap Prof Isti.

Ia menjelaskan, berbagai kegiatan memperingati Milad 1 Tahun Program Doktor PGMI FTIK UIN Sunan Kalijaga tidak hanya dilaksanakan di kampus, namun juga di luar kampus.

Kegiatan di luar kampus antaralain lain penulisan karya ilmiah yang berkolaboarasi dengan guru, mendampingi sekolah-sekolah yang membutuhkan pendampingan diantaranya terkait manajemen, peningkatan kualitas SDM, bahkan bagaimana merancang anggaran untuk sekolah-sekolah.

Selain itu, kerjasama Program Doktor PGMI FTIK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan sekolah-sekolah jangkauanya tidak terbatas wilayah, bahkan sampai ke luar negeri.

“Terkahir kita mendampingi SD Indonesia yang ada di Bangkok. Dalam satu tahun ini kita sudah melakukan pengabdian masyarakat ke dalam dan luar negeri. Masyarakatnya luas, jadi kita bergandengan tangan dengan perguruan tinggi juga sekolah,” tuturnya.

Prof Isti, didampingi sek prodi Dr. Sintha Sih Dewanti, M Pd Si menandaskan, Program Doktor PGMI FTIK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta terbuka untuk sekolah-sekolah yang ingin bekerjasama untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah.

“Kami sangat terbuka bila sekolah-sekolah memang membutuhkan pendampingan, silahkan kontak ke kami untuk kemudian kami terjun ke lapangan,” ucap Prof Isti.

Ketua Tim Penyusun Kurikulum MI Sananul Ula Daraman Tahun Ajaran 2004-2025, Arif Sirojul Mustaqim mangatakan, kerjasama dengan Program Doktor PGMI FTIK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dilatarbelakangi komitmen madrasahnya untuk terus meningkatkan kualitas Pendidikan dengan menjadin kerjasama dengan pihak yang berkompeten.

“Awalnya kami mengira karena ini Program Doktor, terlalu tinggi. Alhamdulillah ada guru kami yang menjadi mahasiswa di sini dan ternyata setelah menghadap Prof Isti, ternyata diterima dengan baik bahkan diajak kerjasama dalam bentuk lain, diantaranya penulisan karya ilmiah. Alhamdulillah, setelah pendampingan ini hasilnya sangat memuaskan dan bagus, kami mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat dan positif untuk kami aplikasikan di madrasah kami,” ungkapnya.

Arif berharap kerjasama dan kolaborasi yang sinergis antara Program Doktor PGMI FTIK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta MI Sananul Ula Daraman akan terus berlanjut dan ditingkatkan ke depannya.

“Kami sangat berterima kasih atas pendampingan dari PGMI FTIK UIN Sunan Kalijaga, harapannya kerjasama berlanjut dan semakin meningkat,” pungkasnya. (pr/kt1)

Redaktur: Faisal

61 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com