Jumat, 06/12/2013 16:07 WIB | Dibaca: 1072 kali

Rifka Annisa Ajak Masyarakat Peduli Anak dan Perempuan


Aksi yang dilakukan oleh Rifka Anissa di Titik Nol Kilometer mengusung slogan, Darutat Kekerasan

YOGYAKARTA - Rifka Annisa merupakan salah satu lembaga swadaya masyarakat yang tetap konsisten dalam upaya perlindungan perempuan dan anak dari kekerasan. Sebagai bentuk kepedulian tersebut, Jumat (06/12/2013) Rifka Annisa menggelar aksi simpatik anti kekerasan, di Titik Nol Kilometer.

Koordinator Aksi, Rina Widarsih mengemukakan, di tahun 2013 ini kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak semakin meningkat. Kasus kekerasan tersebut berupa kekerasan seksual. "Ironisnya korban rata-rata berumur 14-16. Sedang pelakunya rata-rata orang dewasa," ujarnya.

Rina mengajak peran serta masyarakat untuk merespons tindakan-tindakan yang mencidrai norma-norma kesusilaan tersebut. Menurutnya, masyarakat lah yang mempunyai peranan penting untuk bertanggung jawab terhadap lingkungan sekitarnya.

Aksi simpatik yang diikuti sekitar 113 orang tersebut berlangusng tertib. Selain itu, massa aksi juga menggunakan pakaian adat dan mengenakan topeng. Aksi di akhiri dengan mengirim surat pernyataan mendesak Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Kantor Pos Besar serta membagikan selebaran berupa ajakan untuk mencegah kekerasan.(ynr)

Redaktur: Azwar Anas

 

 


 





Baca Juga