Jumat, 13/12/2013 18:17 WIB | Dibaca: 1322 kali

Kemah Kebangsaan Kukuhkan Kesatuan Pemuda DIY


GKR Condro Kirono menyerahkan bantuan secara simbolis kepada masyarakat.

GUNUNGKIDUL - Kemah kebangsaan Karagtaruna se - DIY di Dusun Kauman, Desa Dadapayu, Kecamatan Semanu yang dibuka oleh Gubernur DIY Sri Sultan HB X guna mempersatukan kesatuan seluruh pemuda se-DIY.

Ketua Karangtaruna DIY GKR Condro Kirono mengatakan, kegiatan kemah kebangsaan tersebut merupakan kegiatan rutin tahunan. Dengan mengangkat tema Pemuda Istimewa Membangun Bangsa diharapkan dapat mempererat tali persaudaraan sesama pemuda se-DIY.

"Kemah ini juga untuk memperkuat posisi pemuda sebagai salah satu potensi sumber daya manusia, dalam ikut berperan menangani permasalahan permasalahan sosial di masyarakat.

Antara lain ikut andil dalam pengentasan kemiskinan," ungkapnya, Jum'at (13/12/2013).
Sementara itu, kepala Dinas Solisal DIY, Untung S menjelaskan, dipilihnya Desa Dadapayu sebagai lokasi kemah karena angka kemiskinannya tinggi. Dengan itu kemah kebangaan hendaknya memberikan dampak positif bagi desa, sehingga kesejahteraan masyarakat semakin meningkat.

"Kemah kebangsaan ini untuk menerapkan konsep kebersamaan. Karangtaruna maupun tagana juga ikut berperan dalam pelaksanaan bakti sosial di masyarakat, baik itu bedah rumah, rehabilitasi rumah tak layak huni, hingga perbaikan sarana-prasarana di lapangan," ungkapnya.

Pantauan Jogjakartanews.com, kegiatan ini dihadiri Bupati Gunungkidul Hj Badingah SSos, Bupati Bantul Ny Sri Suryawidati, Kepala Dinas Sosial Untung Sukardiyana, ratusan karangtaruna dan Tagana se DIY serta perwakilan 33 propinsi.

Dalam kesempatan ini Sultan juga memberikan penghargaan kepada tokoh perintis karangtaruna GPBH Prabukusoo. Serta diserahkan bantuan sepeda bagi pelajar, sembako untuk lansia, bibit pohon, bantuan mobil ambulan. (dit)

Redaktur: Azwar Anas

 

 


 





Baca Juga