Minggu, 05/01/2014 11:16 WIB | Dibaca: 1616 kali

Republk di Ujung Tanduk, Catatan Kritis Atas Rezim SBY


cover buku Republik di Ujung Tanduk. Foto: Aristianto Zamzami

Penulis : M. Hatta Taliwang
Tebal : 344 Halaman
Terbit : Cetakan I, Januari 2014
Penerbit : Grafindo Khazanah Ilmu, Jakarta

CATATAN Kritis mengenai pemerintahan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam buku ini, memang cukup tajam. Sebagaimana khas-nya seorang aktivis, Hatta Taliwang mengupas berbagai kejanggalan dari berbagai kebijakan SBY sebagai Presiden yang dinilainya justeru melukai rakyat Indonesia.

Namun lebih dari itu, dalam buku ini penulis mencoba menguak data dan fakta-fakta yang belum muncul di Publik. Diantaranya terkait bagaimana SBY membuat berbagai macam rekayasa politik guna meraih simpati publik dan mempertahankan kekuasaannya selama satu dasawarsa terakhir ini.

Selain mengungkap soal mega skandal Century yang menyeret nama Wapres Budiono dan mantan Menkeu Sri Mulyani, Hatta juga mencoba ‘mengosak-asik' dugaan korupsi yang melibatkan keluarga cikeas (SBY). Tak berhenti sampai disitu kritikan ‘pedas' yang diungkapkan dalam buku bersampul warna biru ini. Kepincangan ekonomi, isu terorisme, hingga track record tokoh yang sedang naik daun saat ini diantaranya Jokowi, Gita Wiryawan, Prabowo Subiyanto juga masuk dalam daftar yang ‘ditelanjangi'.

Meski hampir 100% berisi kritikan terhadap pemerintahan SBY, namun buku yang merupakan hasil perenungan dan kegelisahan penulis atas realitas bangsa ini juga berisi tawaran solusi untuk perbaikan bangsa dan negara.

"Bagi kelas yang terpinggirkan, buku ini penting bukan saja untuk melecut kesadaran kelas politik mereka, melainkan juga untuk menginspirasi, mengawal, dan meluruskan jalan Indonesia sesuai dengan tujuan dan cita-cita bernegara sebagaimana tersurat dalam pembukaan UUD NRI 45. Sebab, menanti perubahan dari ‘dalam' sama saja dengan ibarat menanti datangnya ‘godot'" demikian testimoni Peneliti LIPPI Prof. Dr. R. Siti Zuhro, MA untuk buku Hatta Taliwang ini. (lia)

Redaktur: Aristianto Zamzami

 


 





Baca Juga