Jumat, 17/01/2014 17:59 WIB | Dibaca: 2283 kali

Tekan Polusi Udara, Kapedal Siapkan Rp190 juta


Penghijauan. ilustrasi/doc.istimewa

GUNUNGKIDUL - Menekan polusi udara di kota Wonosari, Kepala Kantor Pengendalian Dampak Lingkungan (Kapedal) Gunungkidul menyiapkan anggaran Rp190 juta.

Kepala Kantor Pengendali Dampak Lingkungan (Kapedal) Gunungkidul, Irawan Jadmiko mengatakan, anggaran Rp190 juta nantinya untuk menyulap Kota Wonosari menjadi nampak lebih segar dan hijau. Bukan melakukan penanaman pohon perindang, tetapi tanaman jenis pergola.

"Karena kalau pohon perindang memakan tempat yang cukup luas. Penanaman ini langkah kami untuk menekan polusi udara," ungkapnya kepada wartawan, Jum'at (17/1/2014).
Irawan mengatakan, penanaman tanaman jenis pergola tersebut akan ditanam di sekitar jalan Agus Salim, Brigjem Katamso, dan Sumarwi. Selain penanaman tanaman jenis pergola itu dapat menekan polusi udara juga akan mempercantik kota Wonosari, pihaknya masih melakukan survey.

"Untuk penanaman tanaman jenis pergola itu sendiri baru akan dilakukan sekitar bulan Februari," katanya.

Sementara itu, Kepala UPT pertamanan DPU Gunungkidul, Sugiharto menambahkan, lokasi penanaman tanaman pergola juga akan ditambah. Tidak terfokus di tengah kota, karena penanaman pergola tersebut untuk menjaga kesejukan sekitar kota Wonosari.
"Kalau ada tanaman, maka akan menyerap polutan seperti karbon dioksida dan gas beracun lainnya.

Dalam proses tersebut akan menghasilkan gas yang bermanfaat bagi manusia yaitu oksigen. Proses seperti ini berlangsung terus menerus selama tanaman masih hidup," tambahnya. (dit)

Redaktur: Azwar Anas


 





Baca Juga