Selasa, 18/02/2014 22:07 WIB | Dibaca: 1211 kali

Angkasa Pura Merevisi Pernyataan Dibukanya Bandara Adisutjipto


Pihak Angkasa Pura saat melakukan jumpa pers. Foto/mustakim

SLEMAN - Hasil rapat koordinasi angkasa pura Yogyakarta bersama otoritas bandara wilayah tiga kementrian Perhubungan (kemenhub) dan pihak maskapai penerbangan Selasa (18/02) Sore menyimpulkan bahwa Bandara Adisutjipto Yogyakarta mulai kembali beroperasi pada Rabu (19/02) pukul 12.00 WIB dengan beberapa catatan yang harus dipenuhi.

Catatan yang harus dipenuhi salah satunya pihak Angkasa Pura diminta harus membersihkan debu vulkanik dari landasan pacu penerbangan.

Sebelumnya GM Angkasa Pura 1 Yogyakarta, Andi G Wilson mengatakan, Bandara Adisutjipto akan kembali mulai beroperasi pada Rabu (19/02) pukul 06.00 WIB, namun pihak otoritas bandara wilayah tiga Kemenhub kurang meyakini jika malam ini debu vulkanik sudah bersih dari landasan, sehingga pihaknya langsung melakukan rapat koordinasi bersama Angkasa Pura dan pihak maskapai.

Kepala Otoritas Bandara Wilayah 3 Kementrian Perhubungan (Kemenhub) Muhamad Alwi menyatakan, sesuai rapat koordinasi bandara Adisutjipto baru akan dibuka kembali pada besok siang pukul 12.00 WIB.

"Setelah melakukan pemeriksaan dilapangan ternyata bandara baru bisa beroperasi pada pukul 12.00 WIB"Ujarnya Selasa (18/02) Sore di kantor Angkasa Pura 1 Yogyakarta.

Pihaknya juga meminta kepada pihak maskapai untuk mengembalikan tiket ataupun reschedule kepada para penumpang pesawat.

"Awalnya memang rencana pembukaan bandara akan dilakukan pada pukul 06.00 WIB namun dari hasil final check di lapangan kondisinya kurang meyakinkan karena abu vulkanik masih sangat nampak," jelasnya.

Alwi berharap dibukanya bandara dapat memberikan pelayanan yang lebih optimal.

"Dari hasil final check yang dilakukan dilapangan juga Proses navigasi penerbangan sudah siap dan dengan kondisi yang cukup baik," terang Alwi. (kim)

Redaktur: Azwar Anas

 


 





Baca Juga