Pasca Dibukanya Adisutjipto, Pesawat Militer Milik TNI AU Mengawali Penerbangan


Adisutjipto sudah dipenuhi calon penumpang. Foto/mustakim

YOGYAKARTA - Pesawat miiter Hercules milik TNI AU mengawali penerbangan di Bandara Adisutjipto Yogyakarta Rabu (19/02) siang, pasca terhentinya aktivitas bandara akibat hujan abu vulkanik yang menyelimuti areal bandara selama 5 hari sejak jum'at (14/02) lalu.

Dan hari ini Rabu (19/02) bandara Adisutjipto kembali beroperasi dengan Penerbangan pertama komersil yaitu garuda Indonesia rute Yogya-Jakarta dengan nomer penerbangan GA 201 pukul 12.16 WIB.

Kembali beroperasinya Bandara Adisutjipto tersebut sesuai dari hasil rapat koordinasi Angkasa Pura 1 Yogyakarta bersama otoritas bandara wilayah tiga kementrian Perhubungan (kemenhub) dan pihak maskapai penerbangan yang menyimpulkan bahwa Bandara Adisutjipto Yogyakarta Rabu (19/02) sudah siap kembali beroperasi karena debu vulkanik yang berada di areal landasan dinilai sudah bersih.

Kepala Humas Angkasa Pura 1 Yogyakarta, Faisal Indrakusuma mengatakan, bandara saat ini sudah kembali normal seperti sebelumlnya setelah terhenti selama lima hari.

"Penerbangan pertama komersial yaitu Garuda Indonesia dengan Nomor GA 201 pukul 12.05 WIB," ujarnya.

Sementara itu, sejumlah maskapai penerbangan seperti Lion Air, Batik Air, Wings Air hari ini memilih tidak melakukan penerbangan dan baru akan melakukan penerbangan dari dan menuju Yogya pada kamis 20 Februari besok.

Sehingga antrian panjang di loket maskapai sempat terjadi cukup panjang sekitar kurang lebih 600 meter untuk melakukan perubahan jadwal ataupun membatalkan.

"Sekitar pukul 12.16 WIB pesawat Garuda Indonesia take off dari Bandara Adisucipto Yogyakarta menuju Jakarta dan kemudian disusul dengan sejumlah pesawat lainya yang melakukan landing di Bandara Adisutjipto seperti Mandala Air, Air Asia dan Express air," terang Faisal. (kim)
Redaktur: Azwar Anas

 


 





Baca Juga