Bung Karno di Mata Sang Mantan Ajudan; Pemimpin yang Mampu Menjaga "Keperawanan" Indonesia


doc.istimewa

YOGYAKARTA - Mengagumkan. Itulah kata yang mampu diungkapkan Ketua MPR RI, Sidarto Danusubroto yang pernah menjadi ajudan mantan Presiden RI pertama, Ir. Sukarno. Sidarto kagum atas ide-ide yang dimiliki oleh Bung Karno -sebutan Ir. Sukarno.

Sidarto mengatakan bahwa Bung Karno seseorang yang menjaga ‘keperawanan' Indonesia. "Selama memerintah tidak pernah menebang satu pohon pun," ungkapnya dalam sebuah diskusi di salah satu kantor media lokal Yogyakarta, Sabtu (22/2).

Selain itu, dia mengemukakan bahwa Bung Karno-lah yang dulu mengusulkan ibu kota negara di pindah ke Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Alasannya, kota tersebut merupakan kota yang kurang subur serta jauh dari gempa. Sedangkan, Pulau Jawa yang tanahnya subur bisa dijadikan sebagai lahan pertanian.

Terlepas dari itu, Sidarto menganggap bahwa Bung Karno merupakan sosok pemimpin yang mempunyai ideologi. Termasuk halnya Pancasila yang pernah Bung Karno ikut merumuskan. "Kalau Pancasila hilang, ya negara ini tidak mempunyai ideologi lagi," kata Sidarto. (kim)

Redaktur: Azwar Anas


 





Baca Juga