Kamis, 27/02/2014 17:30 WIB | Dibaca: 1513 kali

GPMB Ajak Masyarakat DIY Rajin Membaca


GPMB sosialisaikan budaya gemar membaca. Foto/azwar

YOGYAKARTA - Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Propinsi DIY mengajak masyarakat untuk gemar membaca sebagai kegiatan rutinitas dan menjadikan membaca sebagai Budaya.

Terkait hal itu sebagai langkah awal di 2014, GPMB Propinsi DIY Melebarkan sayapnya di beberapa kabupaten/Kota di DIY untuk membentuk Gerakan serupa di Wilayah Sleman. Hal itu dilakukan sebagai upaya mendorong masyarakat di pelosok DIY untuk gemar Membaca dan menjadikan kegiatan itu sebagai Budaya, tentunya tujuan akhir yaitu mencerdaskan masyarakat dapat terwujud lebih maksimal.

Ketua Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Provinsi DIY, Sudibyo Tri Sulistyo mengatakan, dengan terbentuknya GPMB di Kabupaten/Kota menjadikan DIY semakin Istimewa.

"Istimewa karena masyarakatnya menjadikan kegiatan membaca sebagai bagian dalam aktivitas sehari-hari," ujarnya, Kamis (27/02).

Lebih lanjut Sudibyo menjelaskan, dengan dibentuknya gerakan seperti ini aktivitas membaca masyarakat di DIY semakin mengakar dan dapat terwujud sebagai upaya mencerdaskan anak bangsa.

"Aktivitas membaca akan memberikan dampak positif untuk memajukan dan
mensejahterakan masyarakat," terangnya.

Sementara itu, Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DIY, Budi Wibowo menyatakan, pihaknya yakin dengan membudayakan kegiatan membaca akan menambah wawasan dan pengetahuan bagi masyarakat, sehingga masyarakat akan semakin cerdas dan sejahtera dengan ilmu yang dimilikinya dari membaca.

Rangkaian dibentuknya Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Kabupaten Sleman tersebut ditutup dengan menggelar Seminar dengan tema mendorong masyarakat untuk gemar membaca.

Diharapkan dengan Gerakan Membaca Masyarakat DIY dapat lebih cerdas dalam segala bidang dan hal termasuk cerdas dalam memilih pemimpin masa depan di Pemilu 2014. (war)

Redaktur: Azwar Anas

 


 





Baca Juga