Minggu, 02/03/2014 15:01 WIB | Dibaca: 2225 kali

Brekat Dalem Plumbungan Mulai Tarik Wisatawan


Kapolres Gungkidul AKB Faried Zulkarnaen menikmati 'Berkat Dalem'. Foto/aditya

GUNUNGKIDUL - Wisata kuliner di Dusun Plumbungan, Kecamatan Patuk dengan mendu andalan ‘berkat dalem' mulai menarik wisatawan dari luar daerah, Minggu (03/2). Padahal Dusun Plumbungan dibuka menjadi desa wisata kuliner baru tiga bulan yang lalu.

Wisatawan asal Jakarta Selatan (28) mengatakan, beberpa waktu yang lalu ia sempat mengetahui info desa wisata kuliner di Kota Belalang (Gunungkidul) melalui jejaring sosial twitter. Menu yang menarik yakni Ingkung Jawa (ayam goreng Jawa utuh) yang disajikan dengan sego berkat. Sajian tersebut dinamakan 'Brekat Dalem' sebutan yang berarti Sego-nasi Berkat (brekat) Kami (Dalem).

"Kebetulan kemarin ada kunjungan kerja ke Gunungkidul. Nah karena penasaran saya dengan teman kantor menyempatkan waktu untuk berkunjung ke desa wisata kuliner plumbungan," katanya.

Ternyata, kata Vina, menu andalan brekat dalem enak, apalagi brekat dalem dinikmati ditengah sawah. Suasana dipadu dengan makanan khas tersebut tidak dapat ditemukan di tempat lain.

"Untung saya mampir sini (Desa wisata kuliner Plumbungan). Di Jakarta mana ada makanan seperti ini apalagi makan di tengah sawah," ungkapnya sembari menikmati brekat dalem.

Sementara itu, di waktu yang sama Keluarga Besar Kapolres Gunungkidul AKBP Faried Zulkarnaen juga berkunjung ke desa wisata kuliner Plumbungan. Istri Kapolres Gunungkidul, Isti mengatakan, ingkunya empuk dan bumbunya berasa sampai dalem.

"Menu minuman yang disajikan ini ada wedang serai juga, segar sekali. Untung suami dinas di sini Gunungkidul jadi bisa menyempatkan ke sini," tambahnya. (dit)

Redaktur: Azwar Anas

 

 


 





Baca Juga