Senin, 09/06/2014 18:08 WIB | Dibaca: 1772 kali

Tiga Kiat agar Tubuh Tetap Bugar meskipun Begadang Nonton Piala Dunia


doc.istimewa

PESTA akbar terbesar dari cabang olah raga sepak bola sebentar lagi akan dimulai. Bagi pecinta bola sejati tentu tidak ingin melewati momen-momen piala dunia. Akan tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya tubuh tetap optimal meskipun begadang sepanjang pertandingan.

Berikut tiga tips yangberhasil jogjakartanews rangkum dari majalah Intisari;

Pertama, pastikan Anda mengonsumsi vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh seusai begadang. Vitamin C berguna untuk memperkuat sistem imun tubuh dan menjaga dari serangan bakteri dan virus. Vitamin C bisa didapatkan melalui buah-buahan ataupun minuman dan suplemen.

Kedua, sebaiknya sempatkan tiidur 6 jam sebelum menonton pertandingan. Jika pertandingan bola dimulai pada pukul 02.00 dini hari maka hitunglah mundur ke belakang yang berarti pukul 20.00. Nah berarti di waktu itu lah Anda harus "memaksa" tubuh Anda untuk tidur. Karena selama tidur tubuh memproduksi hormon Cytokine yang berfungsi melawan infeksi. Inilah mengapa orang yang kurang tidur lebih mudah terserang penyakit flu atau demam.

Ketiga, hindari minum kopi di tengah-tengah menonton pertandingan. Pasalnya,kafein yang terdapat pada kopi bertugas untuk memanipulasi sistem kerja organ tubuh, sehingga setelah minum kopi tubuh kita seolah menjadi tetap bugar. Tapi awas,jika Anda berniat istirahat setelah menonton pertandingan bola dini hari, jangan minum kopi di tengah-tengah pertandingan karena justru akan membuat tubuh terjaga dan mengganggu kulaitas tidur. Disarankan minumlah kopi menjelang pertandingan dimulai. (fen)

Redaktur: Azwar Anas


 





Baca Juga