Distribusi Surat Suara Piplres, KPU DIY; Ini lebih Mudah Ketimbang Pileg Kemarin


doc.istimewa

YOGYAKARTA - Mendekati Pesta Demokrasi Pemilihan Presiden 9 Juli, Komisi Pemilihan Umum Daerah Istimewa Yogyakarta hari ini, Senin (16/06/2014) mendistribusikan kebutuhan logistik surat suara di masing-masing KPU kab/kota. Komisioner KPU Propinsi DIY, Guno Tri Cahyoko menjelaskan, logistik surat suara hari ini tiba di KPU DIY dan langsung didistribusikan tiap kab/kota di Propinsi DIY.

"Surat Suara Pilpres sudah dikirim dari Pusat dan siang ini tiba di KPU DIY," ujarnya Senin (16/06/2014) di Gedung KPU DIY.

Ia menyatakan Logistik yang akan distribusikan nanti hanya surat suara saja karena terkait kotak suara sudah ada di masing-masing KPU Kab/Kota pasca Pileg 9 April Lalu. "Semua kebutuhan logistik Pilpres seperti surat suara, tinta, alat pencoblosan sebelum 28 juni harus sudah ada di masing-masing KPU wilayah kab/kota," terangnya.

Sementara untuk surat suara khusus difable dan hologram, menurutnya juga akan dikirim pada minggu ini oleh KPU Pusat.

Untuk diketahui jumlah TPS di DIY dari hasil sidang pleno tercatat sebanyak 17.068 TPS yang akan di sebar di tiap wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Sesuai regulasi Pilpres disebutkan bahwa satu TPS maksimal hanya terdapat dua kotak suara.

Dari catatan Komisi Pemilihan Umum Propinsi DIY tercatat 17.068 TPS tersebut tersebar di sejumlah wilayah di antaranya wilayah Kulonprogo ada sebanyak 987 TPS kemudian wilayah Bantul 2.293 TPS, Gunung Kidul 1.898 TPS, Sleman sebanyak 2.374 TPS dan Yogyakarta 802 TPS.

Guno mengaku Persiapan kebutuhan Logistik surat suara Pilpres lebih mudah dibanding pada Pemilihan Legislatif Lalu yang harus menyortir Surat suara tiap Daerah Pemilihan. (war)

Redaktur: Tarnowo

 

 


 





Baca Juga