Pemerintah Singapura Akan Anugrahkan Penghargaan Tertinggi kepada Presiden SBY


doc/setkab

JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan menerima gelar Order of Temasek First Class dari Pemerintah Singapura.

Hal itu dikemukakan Staf Khusus Presiden bidang Hubungan Internasional, Teuku Faizasyah dalam siaran persnya Senin (01/09/2014).


“Order of Temasek First Class merupakan penghargaan tertinggi yang dapat diberikan Pemerintah Singapura kepada warga negara lain. Presiden Yuhdoyono akan menjadi warga negara Indonesia kedua yang menerima penghargaan tersebut, setelah mantan Presiden Soeharto,” ungkap Faizasyah.

Terkait dengan hal itu, Presiden SBY didampingi Ibu Negara Ani Bambang Yudhoyono selama tiga 3 (tiga) hari, mulai Selasa (2/9) sampai Kamis (4/9) akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Singapura.

Teuku Faizasyah mengemukakan, dalam kunjungan itu, Presiden SBY akan melakukan pertemuan empat mata dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, yang dilanjutkan dengan pertemuan empat mata dengan Presiden Tony Tan Keng Yam.

“Sesudahnya, Presiden Yudhoyono akan menyaksikan penandatanganan perjanjian Delimitation of the Territorial Seas in the Eastern Part of the Strait of Singapore,” kata Faizasyah.

Menurut Faizasyah, sebagai tetangga dan mitra Indonesia di kawasan, Indonesia memiliki hubungan bilateral yang cukup baik dengan Singapura. Di bidang perdagangan, dengan jumlah total volume perdagangan senilai 42,3 miliar pada 2013, ekspor Indonesia ke Singapura tercatat senilai 16,7 milar dolar AS dengan jumlah impor Indonesia dari Singapura sebesar 25,6 miliar.

Lebih lanjut dikatakan Faizasyah, pada tahun 2012 Indonesia menanamkan modal di Singapura sebesar 1,66 miliar dolar AS sedangkan investasi dari Singapura di Indonesia terhitung sebesar 4,85 miliar dolar AS.

Di bidang people-to-people contact, pada tahun 2013 terdapat 24.447 pelajar Indonesia yang menimba ilmu di Singapura, dan terdapat 31 siswa Singapura yang tengah menempuh pendidikan di Indonesia. Sementara itu, pada tahun yang sama terdapat 1,38 juta warga negara SIngapura yang mengunjungi Indonesia, dan 3,1 juta warga negara Indonesia yang mengunjungi Singapura. (SKPHI/ES/ setkab)

 

Redaktur: Rudi F

Berita Terkait

 





Baca Juga