Rabu, 21/01/2015 19:16 WIB | Dibaca: 1774 kali

Peringatan Maulid Nabi di AAL Tingkatkan Motivasi Taruna


Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw di AAL. Foto: doc/AAL

SURABAYA – Jajaran Akademi Angkatan Laut (AAL) menggelar peringatan maulid Nabi Muhammad SAW 1436 Hijriyah yang bertemakan “Jadikan Keteladanan Nabi Muhammad SAW sebagai Motivasi Kejuangan kita sebagai Prajurit TNI AL Dalam Mengabdi Kepada Bangsa dan Negara” di Masjid Nurul Bahri, AAL, Bumimoro, Surabaya, Rabu (21/01/2014).

Acara yang mengundang penceramah Ustadz Miftahul Huda, S.Ag., M.Ag ini dihadiri Wagub AAL Laksma TNI Deddy Muhibah Pribadi, S.H., M.A.P., Seklem AAL Kolonel Laut (P) Soetrisno Sandi Asmara, S.T., dan para pejabat utama AAL lainnya.

Sebelum acara ceramah hikmah maulid disampaikan, Wagub AAL membacakan sambutan Gubernur AAL Mayjen TNI (Mar) Guntur ICL. Dalam sambutan tertulisnya, Gubernur AAL menuturkan  bahwa Momentum peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW ini dapat dijadikan sebagai teladan dan tuntunan bagi para taruna AAL sebagai calon perwira TNI AL dan pemimpin TNI AL dimasa yang akan datang.

“Oleh karena itu, keteladanan yang telah ditunjukan Rasulullah jadikan sebagai contoh para taruna untuk lebih meningkatkan motivasi dalam menjalankan pendidikan di Akademi Angkatan Laut,” kata Wagub AAL membacakan sambutan Gubernur.

Sementara itu dalam ceramahnya, Ustadz Miftahul Huda, S.Ag., M.Ag. mengatakan bahwa Rasul memiliki sifat dasar yang sejalan dengan konsep pendidikan yang berlangsung di AAL. Seorang taruna harus mencontoh sifat nabi yang Sidik (Benar), Fathonah (Cerdas), Amanah (Dapat Dipercaya) dan Tabligh (Menyampaikan kebenaran).

Apalagi, kata Ustadz Miftahul, bagi taruna AAL peringatan ini merupakan bekal keimanan bagi penanaman karakter (Character Cultivated) yang menjadi concern pendidikan di Akademi Angkatan Laut. Pola pendidikan karakter yang diterapkan di AAL yaitu selain Akademik, Kepribadian dan Kesamaptaan lebih dekat kepada karakter islam seperti yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW yaitu Sidiq, Amanah, Fatonah dan Tablig.

“Selama ini kita mengagungkan kecerdasan ilmu tapi melupakan karakter dan keimanan, seharusnya karakter dulu baru ilmu. AAL tentu telah menerapkan pola pendidikan ini seperti sekarang ini salah satunya kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW,” ujarnya.

Oleh karena itulah dengan pola pendidikan yang mengedepankan penanaman karakter terhadap para taruna, maka diharapkan akan lahir perwira-perwira TNI AL yang memiliki karakter yang kuat, intelektual serta kesamaptaan yang tinggi.

“Dengan konsep mengedepankan karakter dalam pola pendidikannya, diharapkan akan lahir perwira-perwira tempur yang memiliki karakter keimanan”, tegas Wagub mengakhiri sambutannya.  (pr)

Redaktur: Rudi F

 


 





Baca Juga