Jumat, 07/08/2015 21:27 WIB | Dibaca: 1653 kali

Delapan Bocah Siap Ramaikan Festival Dalang Cilik Bantul


foto: doc/Ist

BANTUL - Suguhan menarik pentas seni budaya wayang kulit akan tersaji di Kabapaten Bantul, Sabtu (08/08/2015) besok. Delapan bocah berstatus dalang cilik akan menampilkan keahlian mereka mendalang di hadapan publik dalam Festival Dalang Cilik Se Kabupaten Bantul tahun 2015. Acara tersebut jelas akan menjadi hiburan menarik mengingat jarang sekali ada anak kecil yang bisa mendalang.

Mendalang dewasa ini menjadi aktifitas yang langka dan kesenian wayang kulit sebagai bagian dari warisan budaya asli Indonesia sudah mulai dilupakan. Hal inilah yang menjadi alasan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bantul menggelar acara tersebut untuk mendukung pelestarian budaya wayang kulit. Salah seorang warga Desa Bangunjiwo, Kasihan Bantul, Supriyadi (60) mengatakan sangat antusias melihat seni wayang kulit dimainkan anak-anak. Sebab menurutnya meski bakatnya tidak seperti dalang-dalang profesional yang sudah dewasa, dalang cilik tetap memiliki daya tarik tersendiri.

"Dalang cilik memiliki sisi keunikan tersendilri. Semoga anak-anak yang tampil besok bisa memberikan pertunjukan yang penarik dan bisa menghibur" paparnya.

Untuk diketahui, Festival Dalang Cilik Se Kabupaten Bantul akan digelar di Balai Desa Bangunjiwo, Kasihan, Bantul pada pukul 08.30 WIB. Selain untuk memberikan panggung bagi generasi dalang cilik untuk menunjukkan kemampuannya, acara tersebut juga dimaksudkan sebagai hiburan bagi warga setempat. (ning)
Redaktur: Herman Wahyudi


 



Terpopuler


Baca Juga