Senin, 14/09/2015 21:40 WIB | Dibaca: 1750 kali

Dari Perempuan Inilah Para Lelaki Hebat Dunia, Dilahirkan


Cover buku 'Perempuan-Perempuan yang Mengubah Wajah Dunia'. Foto:doc/istimewa

Oleh    : Moh. Khudzaifi*

“THERE ALWAYS THE TOUGH WOMAN BEHIND A GREAT MAN” Pepatah tersebut mungkin sudah tak asing lagi terdengar di telinga kita. Ada sekian banyak bukti yang telah menegaskan kebenaran pepatah di atas. Diantaranya adalah kesuksesan Soeharto dalam memimpin Indonesia selama 32 tahun, tak lepas dari peran seorang Ibu Tien. Kesuksesan Bill Gates tak lepas dari peran Melinda Gates, dibalik kesuksesan Hitler ada seorang Eva Braund. Dan masih banyak lagi pria sukses yang tak lepas dari peran seorang perempuan.

Kebanyakan laki-laki pernah mendengar, atau bahkan mungkin percaya bahwa perempuan “lebih rendah” atau “tidak sederajat” dengan laki-laki. Saya kurang sependapat dengan prasangka atau bahkan mungkin kedangkalan sikap dari laki-laki terhadap perempuan ini yang tidak hanya memengaruhi posisi perempuan dalam masyarakat, tapi juga memengaruhi penafsiran tentang posisi perempuan dalam ranah sosial secara umum.

Nah, topik utama dalam buku ini adalah; apakah perempuan dapat mengubah dunia dengan “tangan”-nya sendiri tanpa harus berperan “di balik layar”? jawaban dari pertanyaan inilah yang coba disampaikan oleh Balqis Khayyirah dalam buku Perempuan-Perempuan yang Mengubah Wajah Dunia ini. Dan yang pasti sejarah telah mencatat bahwa perempuan pun bisa mengubah dunia dengan kreativitas dan kekuatan yang dimilikinya.

Sebagai bukti sekaligus inspirasi bagi kaum hawa, di dalam buku ini disajikan kisah hidup (riwayat) para perempuan yang telah mengubah dunia melalui kreativitas dan kekuatan yang dimiiki. Dengan kata lain, mereka adalah perempuan-perempuan hebat yang meski tanpa peran laki-laki telah berhasil mengubah dunia. Mereka membuktikan bahwa perempuan bukanlah orang nomor dua yang selalu diremehkan dalah berbagai hal. Perempuan juga bisa tampil di depan publik dan menjadi orang nomor satu. Mulai dalam bidang politik, ekonomi, sosial, pendidikan, teknologi, kedokteran, dan beberapa bidang lainnya.

Di dalam buku luar biasa ini, diketengahkan kisah-kisah para perempuan hebat perkasa dari berbagai penjuru dunia. Para perempuan yang kekuatannya sanggup mengubah dunia dan peradaban manusia. Wanita spesial semisal Angela Merkel, kanselir perempuan pertama Jermandan orang pertama bekas warga Negara Republik Demokratif yang memimpin Jerman setelah reunifikasi Jerman . iya juga perempuan pertama yang memimpin Jerman sejak Negara itu menjadi Negara kebangsaan yang modern pada tahun 1971. Ada juga Sunita Williams, dialah perempuan kelahiran Ohio yang pertamakali menginjakkan kaki di bulan. Dalam perjalanannya ke bulan, Sunita melihat fenomena yang aneh saat pandangannya menuju bumi. Ketika bagian bumi tampak gelak, ternyata ada sebagaian daerah di bumi yang tampak terang. Yaitu Makkah dan Madinah.

Selain itu juga ada Lovelance, matematikawan Inggris penemu komputer mekanika pertama. Benazir Bhutton, perempuan pertama yang memimpin Negara musim di era pasca kolonial. Serta beberapa tokoh perempuan lainnya yang mampu menjadi inspirasi bagi pembaca khususnya kaum perempuan. Membaca buku ini, kita akan semakin paham peran penting kaum perempuan dalam gerak kehidupan dunia; kaum yang kerap dipandang lemah namun terbukti memiliki kekuatan luar biasa.

Itulah beberapa perempuan hebat yang telah sukses mengubah dunia. Mereka membuktikan bahwa perempuan bukanlah manusia nomor dua yang pekerjaannya hanya memasak, mengurus anak, dan segala yang menyangkut rumah tangga. Tetapi perempuan juga bias tampil di epan publik.

Ada seratus tokoh inspiratif yang dipaparkan dalam buku ini. Secara umum buku ini hanya memaparkan biografi tokoh saja, kurang begitu memerhatikan perjalanan dan perjuanganan para tokoh tersebut hingga mereka mencapai titik kesuksesan dan tidak berlebihan ketika dunia selalu mengenang mereka. Buku ini terkesan sekedar biografi informatif bukan biografi inspiratif.

Tanpa mengurangi rasa hormat kepada penulis, semoga buku ini  mampu menjadi inspirasi bagi kaum perempuan untuk semakin berani mengekspresikan kemampuan, kreatifitas, dan kekuatan yang bersemayam di dalam dirinya. Buku ini sangat layak untuk dibaca oleh kaum perempuan yang aktif di organisasi keperempuanan dalam berbagai konsentrasi advokasinya. Sehingga mampu menjadi perempuan hebat yang mengubah dunia seperti mereka.SELAMAT MEMBACA !

*) Penulis adalah Aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Probolinggo

Data Buku:

Judul buku                  : Perempuan-Perempuan yang Mengubah Wajah Dunia

Penulis                         : Balqis Khayyirah

Penerbit                       : PALAPA Banguntapan Jogjakarta

Cetakan Pertama         : September 2013

Tebal                           : 314 Halaman

ISBN                           : 978-602-255-277-2

 

 


 





Baca Juga