Peringati Dies Natalis ke-52, Petinggi Unsoed Ziarah Ke Makam Pangsar Soedirman

YOGYAKARTA – Memperingati  Dies Natalis ke-52 Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Rektor, beserta para pimpinan Unsoed ziarah ke Makam Panglima Besar (Pangsar) Jenderal Soedirman di Taman Makam Pahlawan Kusumanegara Semaki Yogyakarta, Kamis (17/09/2015).

Turut mendampingi para petinggi Unsoed, Rombongan Korem 071 Wijayakusuma, BEM, Menwa, Pramuka, dan perwakilan mahasiswa. Upacara Ziarah dipimpin oleh Rektor  Unsoed, Dr.Ir. Achmad Iqbal, M.Si, mulai Pukul 11:00 WIB.  Acara dilanjutkan tabur bunga dan mendoakan arwah para Pahlawan khususnya Jenderal Soedirman. 

“Kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya untuk membangun karakter putra-putri Soedirman (Mahasiswa Unsoed, red),” tutur Ketua Panitia Dies Natalis Dr. Angkasa, SH., MHum sesaat setelah acara.

Rombongan kemudian menuju museum Sasmitaloka Jenderal Soedirman, dan disambut Putra Bungsu Panglima Besar Soedirman, Ir. H. Mohammad Teguh Soedirman. 

Teguh menyambut hangat kehadiran rombongan dan mengapresiasi kegiatan tersebut. Dalam kesempatan tersebut, Teguh menceritakan keteguhan dan kegigihan Pak Dirman (Pangsar Jenderal Soedirrrrman) saat perang  gerilya.

“Bapak saat itu dalam kondisi sakit parah dan baru saja operasi diambil satu paru-parunya,” ungkapnya.

Meski demikian, imbuh teguh, mendengar kabar agresi Belanda yang melanggar perjanjian renvile, Jenderal Soedirman seperti memiliki kekuatan baru. Dalam kondisi sakit itu, ia menuju Gedung Agung (Istana negara Yogyakarta) untuk bertemu presiden Soekarno. 

“Dengan tekad baja Jenderal Soedirman kemudian memimpin gerilya dan membuat RI tetap ada dan mngobarkan semangat pasukan RI di seluruh Tanah air.   Semoga Unsoed dan Korem dapat meneladani semangat nya dan berkorban serta berjuang sesuai tugas masing masing demi bangsa dan negara,” lanjutnya.

Rektor, Dr.Ir. Achmad Iqbal, M.Si atas nama Unsoed mengucapkan terimakasih atas sambutan Teguh .  Layaknya Jenderal Soedirman, Rektor Unsoed yang sebenarnya masih sakit karena belum lama baru dirawat di Rumah Sakit, juga tetap menghadiri dan memimpin acara ziarah.

“Kami bangga dapat menjadi Universitas yang menyandang nama besar Jenderal Soedirman,” jelas’nya.

Rektor juga mengungkapkan bahwa selain Bidang akademik, Unsoed juga menekankan pembangunan karakter yang dijiwai Dari semangat Pangsar Soedirman.

“Kami bangga, dan akan berusaha sekuat tenaga turut serta melaksnaakan amanah Jenderal Soedirman sesuai Bidang masing masing” Pungkasnya. (pr)

Redaktur: Rudi F

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com