Selamat Jalan Sri Paduka KGPAA PA IX

YOGYAKARTA– Warga Yogyakarta berduka cita, Sabtu (21 /11/2015). Raja Kadipaten Pakualam, Sri Paduka Kanjeng Gusti Adipati Aria (KGPAA) Paku Alam IX yang juga Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta tutup usia di RSUP Dr.Sardjito Yogyakarta, sekitar pukul 15.10 Wib. Sri Paduka wafat dalam usia 77 tahun karena sakit.

Jenazah Sri Paduka KGPAA tiba di Pura Pakualaman sekitar pukul 18.10 WIB dari RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Kedatangan Sri paduka yang dibawa dengan mobil ambulans dan dikawal petugas kepolisian disambut kerabat dan para abdi dengan isak tangis.

Jenazah akan disemayamkan di dalem agung pura pakualaman sebelum dimakamkan. Hingga informasi ini diturunkan belum ada kabar resmi dari pihak Kadipaten Pakualaman terkait waktu pemakaman. Berdasarkan tradisi yang ada Raja Kadipaten Pakualaman dimakamkan di Girigondo Kulon Progo.

KGPAA Paku Alam IX lahir di Yogyakarta pada tanggal 7 Mei 1938. Almarhum merupakan putera KGPAA Paku Alam VIII dengan permaisuri KBRAy. Purnamaningrum. Beliau beristrikan GKRAy. Paku Alam yang sudah meninggalkan beberapa tahun silam dan memiliki tiga orang putera yakni Kanjeng Bendoro Pangeran Hario Prabu Suryodilogo, Bendero Pangeran Hario Seno, Bendoro Pangeran Hario Danardono.

Pada 26 Mei 1999 dinobatkan sebagai KGPAA Paku Alam IX menggantikan mendiang ayahnya KGPAA Paku Alam VIII. Pada tahun 2003 ia diangkat menjadi wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta mendampingi Sri Sultan Hamengku Buwono X sebagai Gubernur. (kt1)

Redaktur: Rudi F

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com