Rabu, 23/03/2016 22:21 WIB | Dibaca: 897 kali

Jaga Warga Diharapkan Ringankan Tugas Polisi


Kom.Pol Widya saat memberikan materi dalam koordinasi pembentukan Jaga Warga. Foto: Agung

YOGYAKARTA – Dibentuknya Jaga Warga sebagai tindak lanjut Peraturan Gubernur (Pergub) DIY No. 9 Tahun 2015, diharapkan meringankan tugas kepolisian dalam meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Kota Yogyakarta.

“Jaga warga yang terdiri dari unsur tokoh masyarakat dan pemuda, diharapkan  akan semakin meningkatkan rasa aman dan nyaman, tak hanya kepada masyarakat Yogyakarta saja, namun juga wisatawan dan pelajar atau mahasiswa dari daerah lain. Kami dari kepolisian tentunya sangat mengapresiasi terbentuknya Jaga Warga di Kota Jogja ini, karena akan sangat membantu tugas kami dalam meningkatkan Kamtibmas,” tutur Kapolsek Wirobrajan, Komisaris Polisi (Kom.Pol) Widya Mustika Ningrum, usai menjadi pembicara dalam pembekalan peserta koordinasi penanganan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Yogyakarta, yang diselenggarakan Kantor Kesatuan Bangsa (Kesbang) di Gedung Bimo Lantai 3 Kompleks kantor Wali Kota Yogyakarta, Rabu (23/03/2016).

Kompol Widya mengatakan, kendati relatif kondusif, namun Kamtibmas di Kota Yogyakarta masih perlu ditingkatkan. Beberapa kasus gangguan kamtibmas yang masih terjadi akhir-akhir ini diantaranya maraknya geng sepeda motor yang meresahkan masyarakat. Menurutnya, beberapa kasus pencurian dengan kekerasan (Curas) yang berhasil diungkap di wilayah hukum Polsek Wirobrajan, diantaranya pelaku adalah bagian dari geng motor tersebut. 

“Awalnya hanya kebut-kebutan di jalan secara berkelompok, namun lama-lama ada yang mengarah kepada tindakan kriminal seperti Curas. Biasanya pelakunya terpengaruh Miras (minuman Keras),” ungkapnya.

Selain itu, alat yang digunakan pelaku Curas semakin mengancam. Jika sebelumnya menggunakan benda-benda seperti gir dan benda-benda tumpul, sekarang sudah ada yang menggunakan air soft gun (pistol gas).

Kepada elemen jaga warga, Kom.Pol Widya meminta bantuan agar turut menghimbau kepada masyarakat agar senantiasa menjaga diri dan lingkungan. Agar terhindar dari aksi Curas,  sebaiknya menghindari tempat-tempat yang rawan di malam hari, apalagi sendirian.

“Tentunya harapan kita semua agar Kota Yogyakarta semakin aman dan nyaman, sehingga kunjungan wisatawan semakin meningkat. Dengan demikian tentunya perekonomian masyarakat juga diharapkan meningkat. Mudah-mudahan dengan dibentuknya jaga warga ini, hal tersebut akan terwujud,” pungkasnya. (kt1)

Redaktur: Agung  


 



Terpopuler


Baca Juga