Minggu, 06/11/2016 22:10 WIB | Dibaca: 900 kali

Ini Kreatifitas Pemuda Padukuhan Dhuri Lestarikan Ekosistem Sungai


Bendungan Kali Dhuri Kini Bertambah Asri. Foto: Fefin

SLEMAN – Sungai atau kali yang membelah Padukuhan Dhuri, Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, Sleman, DIY hingga saat ini masih terjaga kealamiahannya. Bahkan atas kreatifitas Persatuan Pemuda Padukuhan Dhuri (P2D), Sungai yang selama ini jauh dari kesan kotor menjadi lebih asri dan bermanfaat bagi warga padukuhan.

Sungai yang selama ini berfungsi sebagai sumber air irigasi untuk pertanian, kini bertambah nilai kemanfaatannya. Pemuda Dhuri menyulap bendungan menjadi pembudidayaan ikan. Selain itu, sungai juga menjadi wahana hiburan gratis bagi warga dengan sarana rakit untuk menyusuri bendungan sembari memberi makan ikan yang dibawanya sendiri dari rumah.

Menurut Ketua Pemuda Dhuri, Yoga Dwi Pambudi,  tujuan pemberdayaan ikan di bendungan kali Dhuri, supaya ekosistem sungai tetap terjaga. Selama ini, kata dia,  bendungan sungai Padukuhan Dhuri menjadi tempat favorit penghobi mancing, sehingga ekosistem terganggu.

“Tapi sekarang kami pasang larangan memancing, karena dijadikan pembudidayaan ikan. Ikan – ikan ini berasal dari donatur dan sumbangan warga. Nantinya setidaknya setahun sekali, ikan akan dipanen dan dijual ke warga dengan harga yang lebih murah dari pasaran. Ini sebagai upaya peningkatan gizi masyarakat. Bendungan kami isi dengan rakit juga untuk hiburan warga sambil memberi makan ikan,” katanya usai peresmian Bendungan Pemberdayaan Ikan, Minggu (06/11/2016) siang.

Sementara Kepala Dukuh Dhuri, Riyanto Suhardono mengatakan mendukung sepenuhnya kreatifitas pemuda di dukuhnya. Menurutnya, dengan bendungan dijadikan pemberdayaan ikan, akan meningkatkan kepedulian warganya untuk semakin mencintai kebersihan dan melestarikan ekosistem alam padukuhan.

“Kami berharap semua warga nantinya akan berpartisipasi menjaga dan merawat bersama bendungan yang kini menjadi pembudidayaan ikan. Karena manfaatnya tentu sangat besar untuk msyarakat dan kelestarian alam. Mudah-mudahan ini juga menjadi inspirasi masyarakat Sleman khususnya, umumnya Indonesia,” ucapnya.

Sekadar informasi acara peresmian bendungan ditandai dengan pelepasan ratusan bibit ikan oleh Kepala dukuh dan ketua pemuda. Sebelumnya acara dimeriahkan dengan jalan sehat serta pembagian aneka doorprize alat-alat rumah tangga dan elektonik dari sponsor. (jn1)

Redaktur: Fefin Dwi S


 





Baca Juga