Ikuti Lomba Simulasi Siaga Bencal, SD Negeri Demangan Gandeng Babinsa


Babinsa Koramil 03 /Gondokusuman membantu lomba simulasi siaga tangguh Bencal di SD Negeri Demangan. Foto: ist

YOGYAKARTA – SD Negeri Demangan, Gondokusuman, Yogyakarta menggelar simulasi Siaga Bencana Alam (Bencal), Rabu (31/01/2018). Kegiatan tersebut merupakan persiapan pelaksanaan Lomba Siaga Bencal yang diselenggarakan  Disdikpora Kota Yogyakarta.

Dalam kegiatan tersebut, SD Negeri Demangan menggandeng Serda Rokhman  selaku Babinsa Keluraham  Demangan, Koramil 03 /Gondokusuman, Kodim 0734/Yogyakarta, untuk mendampingi siswa dan guru dalam simulasi.

Kepala Sekolah SD Negeri Demangan, Muryanto S.Pd mengatakan, simulasi siaga tangguh Bencal diikuti oleh siswa, guru, beserta staf  sebanyak 345 orang. Dalam kegiatan ini, ia beserta staf dan guru berkordinasi dengan instansi terkait guna mendukung kelancaran kegiatan tersebut,

“Diantaranya Babinsa diberikan kepercayaan untuk membantu kegiatan ini,” katanya usai simulasi di SD Negeri Demangan Jl. Munggur No.32  RT 16 / 05. Kel Demangan, Kec Gondokusuman, Yogyakarta.

Menurut Muryanto, dengan pengenalan lebih dini kepada siswa siswi SD tentang simulasi siaga bencana seperti gempa bumi, Kebakaran, Banjir dan yang lainnya, diharapkan jika terjadi bencana sewaktu waktu, siswa lebih siap,

“Simulasi ini sebagai pengetahuan dasar tentang tanggap bencana, karena siaga bencal sangat bermanfaat dan sbagai pembelajaran. Siswa siswi harus tau apa yang diperbuat dan dilakukan bila bencana terjadi,” ujarnya.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Babinsa yang telah membantu kelancaran dan memotifasi kepada Siswa siswi SD Negeri Demangan dalam lomba Siaga Bencal ini,” imbuh Muryanto.

Dalam kesempatan tersebut Babinsa Demangan Serda Rokhman memberikan motifasi dan semangat kepada seluruh peserta dalam giat lomba tersebut.

Menurut Rokhman, babinsa mempunyai tugas dan tanggung jawab memantau stuasi dan kondisi serta Komunikasi Sosial (Komsos) di wilayah binaannya seperti halnya dengan membantu kegiatan simulasi siaga Bencal di SD Negeri Demangan,

“Kegiatan berjalan lancar dan tertib karena sebelum giat lomba diadakan gladi terlebih dahulu,” ungkap Serda Rokhman. (kt1)

Redaktur: Rudi F

 


 





Baca Juga