Ribuan Siswa PAUD dan TK Aisyiyah Bustanul Athfal Bersihkan Sampah dan Senam di Candi Prambanan


Ribuan siswa PAUD dan TK Aisyiyah Bustanul Athfal dari tiga kecamatan Prambanan, Berbah, dan Kalasan, gelar senam bersama di Candi Prambanan. Foto: Ja'faruddin. AS

SLEMAN – Ribuan anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-Kanak (TK) Aisyiyah Bustanul Athfal dari tiga kecamatan, Prambanan, Berbah, dan Kalasan  Kabupaten Sleman membersihkan sampah di area Taman Syiwa Candi Prambanan, Sleman, Sabtu (17/02/2018) siang. Selain itu,  anak-anak usia dini yang didampingi orang tua dan guru tersebut juga melaksanakan senam bersama dan jalan sehat di lokasi situs bersejarah Candi Prambanan.

Ketua Panitia Kegiatan, Suyati, S.Pd mengatakan kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Ikatan Guru Aisyiyah Bustanul Athfal (IGABA) di tiga Kecamatan, yaitu Prambanan, Berbah, dan Kalasan, Kabupaten Sleman. Untuk jumlah peserta, kata dia, kurang lebih 2.204 siswa PAUD beserta 2204 wali murid dan 186 guru, sedangkan tamu undangan sebanyak 57 orang,

“Semua berjumlah kurang lebih 4.651 orang peserta. Biaya dari swadaya peserta dan sponsor yang tidak terkait (mengikat). Kegiatan ini dalam rangka syiar dengan 1000 anak didik dengan tema menyongsong (peringatan) Isra’ miraj Kita Tanamkan Cinta Kebersihan Lingkungan Pada Anak Usia Dini,” ujarnya.

Dalam sambutanya ia mengucapkan terimakasih kepada pihak taman wisata Candi Prambanan atas kerjasama dan fasilitas yang disediakan serta memohon maaf atas kekurangan dalam pelaksanaan kegiatan itersebut.

Sementara Pengurus Daerah Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Aisyiyah  Kabupaten Sleman, Ciptaningyati, A.Md dalam sambutannya mengatakan kegiatan yang diselenggarakan bersama pengurus IGABA tiga kecamatan, Prambanan, Berbah dan Kalasan adalah sesuatu yang luar biasa,

“Dipagi yang cerah ini alhamdulillah anak-anak sudah mengambil sampah untuk pelayanan kebersihan di lingkungan yang luar biasa ini. Kami menyambut gembira kegiatan ini. Semoga event seperti ini terus dilanjutkan dan dilaksanakan, sehingga tertanam jiwa handarbeni kepada anak-anak dan juga wali murid untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan lokasi-lokasi yang kita butuhkan informasinya ini,” ungkapnya.

Ciptaningyati juga berharap dengan kegiatan tersebut ukhuwah dan syiar dari Aisyiyah, Muhammadiyah, IGABA dan anak-anak Bustanul Athfal tetap berjalan dan semakin berkembang.

Kabid PAUD dinas pendidikan  Dwi Warni Yuli Astuti, AP. M.Pd yang hadir mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman mengungkapkan apresiasinya atas apa yang sudah dilakukan oleh IGABA di Kecamatan Berbah, Kalasan, dan Prambanan dalam melaksanakan kegitan tersebut. Kegiatan yang digelar, kata dia, merupakan wujud nyata dari organisasi-organisasi yang ada di Kabupaten Sleman untuk memperluas dan meningkatkan akses Pendidikan, khususnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Sleman.

“Artinya bahwa dengan kegiatan seperti ini, masyarakat yang belum tahu tentang pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini, menjadi tahu dan terbuka. Bahwa  Pendidikan Anak Usia Dini sangat penting, sehingga harus ikut  andil di dalam baik memperluas akses maupun meningkatkan mutu. Aspek yang lain, dari sisi peningkatan mutu ini adalah salah satu upayanya dengan kegiatan seperti ini,” imbuhnya.

Menurutnya dengan kerja bakti membersihkan sampah, senam bersama dan jalan sehat,  maka siswa dididik menjadi generasi yang sehat dan bersemangat,

“Kami berharap dengan kegiatan ini anak-anak bisa menjadi generasi penerus yang sehat. Kalau sudah sehat berarti nanti akan berkualitas. Kalau sudah berkualitas berarti nanti akan menjadi siap untuk melanjutkan estafet kepemimpinan bangsa, khususnya di wilayah kecamatan Prambanan, Kalasan, dan Berbah,” harapnya.

Sekadar informasi, hadir dalam kegiatan tersebut Camat Prambanan, Camat Kalasan, dan Camat Berbah atau yang mewakili. Kemudian, kepala UPT Pelayanan Pendidikan di tiga Kecamatan, Pimpinan Daerah Aisyiyah dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Sleman, Pimpinan Wilayah Aisyiyah dan Muhammadiyah DIY, Majelis Dikdasmen Wilayah  DIY, serta Pimpinan Cabang Dikdasmen, ditiga kecamatan. (rd)

Redaktur: Fefin Dwi Setyawati

 


 





Baca Juga