Prajurit TNI Dituntut Membangkitkan Kembali Kemampuan Deteksi Dini

BANTUL – Sebagai alat Negara TNI harus benar – benar cermat dalam mengamati dinamika sosial yang terjadi. TNI harus membangkitkan kembali kemampuan deteksi dini, temu cepat dan lapor cepat terhadap gejala – gejala yang sedang terjadi.

“Selanjutnya bangun kerjasama yang sinergis dengan Kepolisian maupun aparat pemerintah yang lain agar mampu mengantisipasi setiap potensi kerawanan yang mungkin timbul, serta melakukan langkah – langkah pencegahan dan penanganan secara tepat,” ungkap Komandan Kodim (Dandim) 0729/Bantul Letkol Inf Yuswanto saat membacakan langsung amanat dari Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono dalam upacara tanggal 17-an bulan Februari, di  lapangan Makodim 0729/Bantul, Jl. A. Yani No 1 Bantul, Senin (19/02/2018).

Dalam amanatnya, Kasad menekankan kembali bahwa Tahun 2018 ini adalah Tahun Politik, dengan diselenggarakannya Pilkada serentak di 171 daerah meliputi 17 provinsi, 39 kota dan 115 kabupaten. Hal ini berpotensi menimbulkan konflik dan kerawanan berupa pertikaian horizontal maupun vertikal yang dapat menciderai pesta demokrasi nasional, bahkan dapat mengoyak Kebhinnekaan bangsa kita.

Menurut Kasad, momen tersebut harus menjadi perhatian bersama, sebab jika potensi konflik dan kerawanan Pilkada serentak 2018 tidak tertangani secara tuntas dan diantisipasi secara dini, bukan tidak mungkin dapat memicu kegagalan pada Pilkada serentak 2018, yang akan berimbas hingga penyelenggaraan Pemilu dan Pilpres 2019.

“Saya perintahkan kepada Prajurit TNI dimanapun bertugas untuk selalu tetap berpegang teguh pada Komitmen Netralitas TNI dan menghindari sikap dan perilaku yang menjurus pada politik praktis. TNI bersikap netral dan melaksanakan tugas pengamanan sesuai dengan prosedur yang berlaku,” tegas Dandim.

Dalam amanatnya Kasad mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada seluruh Prajurit dan PNS atas dedikasi dan semangat pengabdian, karena telah melewati tahun 2017 dengan prestasi dan kinerja yang baik.  Adapun setelah upacara dilanjutkan Pengarahan Dandim 0729/Bantul di aula Makodim 0729/Bantul.(kt2)

Redaktur: Faisal

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com