Sabtu, 17/03/2018 21:50 WIB | Dibaca: 447 kali

Laksma TNI Achmad Rivai Jabat Panglima Kolinlamil


Kasal memimpin Sertijab Pangkolinlamil dari Laksda TNI Yudo Margono, kepada Laksma TNI Achmad Rivai. Foto: ist

JAKARTA – Laksma TNI Achmad Rivai, S.E., M.M. resmi menjabat Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil), menggantikan Laksda TNI Yudo Margono, S.E., M.M. Serah terima jabatan (Sertijab) Pangkolinlamil dipimpin Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi di Pondok Dayung, Tanjung Priok, Kamis (15/03/2018) yang lalu.

Setelah menyerahkan jabatannya kepada Laksma TNI Achmad Rivai, S.E., M.M. selanjutnya, Laksda TNI Yudo Margono, S.E., M.M.  mengemban jabatan baru sebagai Panglima Koarmabar.

Menurut Kasal, Sertijab merupakan regenerasi pimpinan di lingkungan TNI AL. Ia menyampaikan terimakasih yang setingginya kepada Laksda TNI Yudo Margono atas dedikasinya selama ini. Kepada Laksma Achmad Rivai, Kasal mengucapkan ucapkan selamat atas jabatan baru yang diembannya.

“Saya percaya dengan pengalaman yang dimiliki, Laksma TNI Achmad Rivai dapat melaksanakan tugasnya dengan baik,” tutur Kasal saat memberikan sambutan dalam sertijab sebagaimana dikutip dari keterangan resmi Dinas Penerangan Kolinlamil, Sabtu (17/03/2018).

Dijelaskan Kasal, Kolinlamil mengemban tugas membina kemampuan sistem angkutan laut militer dan potensi angkutan laut nasional untuk kepentingan pertahanan negara, serta melaksanakan angkutan laut administratif, taktis maupun strategis TNI/Polri dan melaksanakan bantuan angkutan laut dalam rangka pembangunan nasional.

“Tugas tersebut tidaklah ringan, dihadapkan pada perkembangan lingkungan strategis yang diwarnai dengan permasalahan terkait perbatasan antar negara, pengamanan pelayaran, pencemaran lingkungan, dan pelanggaran hukum di laut serta penanggulangan bencana alam” tukas Kasal.

Selain itu, kata Kasal, pemberontakan bersenjata, separatisme dan terorisme masih menjadi ancaman serius bagi integritas NKRI. Oleh karena itu, Kolinlamil menjadi salah satu tumpuan TNI Angkatan Laut dalam menjawab tantangan tugas tersebut, sehingga kesiapsiagaan operasional kotama ini harus optimal.

Menurut Kasal, TNI Angkatan Laut tengah melaksanakan pembangunan kekuatan dan pembinaan kemampuan yang diarahkan untuk mewujudkan kekuatan pokok minimum guna mendukung pemerintah menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

“Menyikapi hal tersebut, Kolinlamil dituntut untuk terus meningkatkan profesionalitas personel dengan didukung Standard Operating Procedure (SOP) yang implementatif. Oleh karena itu, diperlukan langkah-langkah inovatif dan kreatif dalam penyiapannya,” tegas orang nomor satu di jajaran TNI AL tersebut.

Sekadar informasi, sebelum dilantik sebagai Pangkolinlamil, Laksma TNI Achmad Rivai, S.E., M.M. yang lulusan Akademi Angkatan Laut ke XXXIII/1988 ini menjabat sebagai Staf khusus Kepala Staf TNI Angkatan Laut untuk mengomandani Satuan Tugas Proyek Pengadaan  Kapal Perusak Kawal Rudal (PKR) I dan II dan Komandan Lantamal II Padang pada tahun 2016. 

Sederet tanda jasa telah diraih oleh beliau dalam pengabdiannya Selama 29 tahun 8 bulan di TNI AL, antara lain Bintang Jalasena Nararya, Satya Lencana Kesetiaan VIII, XVI dan XXIV tahun, Satya Lencana Dwidya Sistha, Kebaktian Sosial, Wira Dharma, Wira Nusa dan Dharma Nusa.

Acara Sertijab ini juga dimeriahkan dengan penampilan artis muda Vidi Aldiano yang mempersembahkan lagu seperti nuansa bening dan Ku Tak bisa yang dipopulerkan oleh Slank . (kt7)

Redaktur: Faisal

 

 


 





Baca Juga