Lanal Yogyakarta Turut Sukseskan Napak Tilas Perjuangan Pangsar Soedirman di Gunungkidul


Danlanal Yogyakarta Kolonel Laut (P) Arya Delano, S.E., M.Pd saat mengikuti giat Baksos yang dibuka langsung Panglima TNI di Gunungkidul. Foto: Ist

GUNUNGKIDUL – Sebanyak 70 orang Prajurit Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta serta 70 orang ibu anggota Jalasenastri Cabang 8 Korcab V Daerah Jalasenastri Armada Timur (DJAT), turut serta dalam Bakti Sosial (Baksos) di Kabupaten Gunungkidul, Jumat (23/03/2018) yang lalu.

Baksos dibuka langsung oleh oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. didampingi oleh Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Nanny Hadi Tjahjanto

Kegiatan Baksos yang digerlar di lapangan Balai Desa Bedoyo, Ponjong, Gunung Kidul, yaitu memberikan pengobatan gratis, donor darah sekaligus penyuluhan pencegahan penyakit kepada sekitar 6 ribu masyarakat yang hadir.

Komandan Lanal (Danlanal) Yogyakarta Kolonel Laut (P) Arya Delano, S.E., M.Pd., meuturkan, kegiatan Baksos kesehatan di Gunungkidul merupakan rangkaian kegiatan Napak Tilas Rute Gerilya Panglima Besar Jenderal Soedirman (RPS) dan memperingati Hari Kartini Tahun 2018 serta HUT ke-54 Dharma Pertiwi TNI,

“Kegiatan Napak Tilas Rute Perjuangan Panglima Besar Jenderal Soedirman (RPS) bertujuan untuk memberikan gambaran dan pemahaman tentang sejarah perjuanagan Angkatan Perang Republik Indonesia (APRI) yang dipimpin oleh Panglima Besar Jenderal Soedirman dalam merebut dan mempertahankan Kemerdekaan RI dari tangan penjajah,” tutur Danlanal Yogyakarta dalam keterangan pers resmi Penerangan Lanal Yogyakarta yang diterima redaksi, Senin (26/03/2018).

Selain itu, Danlanal mengatakan, melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat menanamkan dan menumbuh kembangkan nilai-nilai kejuangan secara dini kepada para Prajurit Taruna dan Taruni yang pada akhirnya akan membentuk karakter sebagai Prajurit Pejuang dan Prajurit Rakyat yang dicintai dan mencintai rakyat.

Basos Kesehatan tersebut diselenggarakan bekerja sama dengan Dharma Pertiwi, Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE KK), Polri, BNN, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Pemda setempat.

Usai pembukaan Baksos oleh Panglima TNI, dilakukan penyerahan secara simbolis kursi roda, alat bantu dengar, kaca mata baca dan sembako oleh ibu-ibu dari OASE KK.

“Dalam Baksos, Panglima TNI berkenan memasangkan kaki palsu kepada 6 orang Prajurit TNI, yang merupakan sumbangan dari Pusrehabcat Kemenhan RI,” imbuh Danlanal Yogyakarta didampingi Ketua Jalasenastri Cabang 8 Korcab V DJAT, Ny. Febri Arya Delano.

Hadir dalam giat Baksos tersebut antara lain Danjen Akademi TNI Laksdya TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., beserta Istri, Gubernur AAL Laksda TNI Wuspo Lukito, S.E., M.M., beserta Istri, Kadiskesal Laksma TNI drg. Nora Lelyana, M. Kes., Ketua Daerah Jalasenastri Armada Timur (DJAT), Ny. Retno Didik Setiono dan Wakil Ketua Korcab V DJAT Ny. Yulia Nana Rukmana. (kt3)

Redaktur: Faisal


 



Terpopuler


Baca Juga