Sabtu, 31/03/2018 22:32 WIB | Dibaca: 475 kali

Anak Korp Baret Merah Terjun Bantu Satgas TMMD


Anggota AKBM ikut serta membantu Satgas TMMD dan warga membangun talud di bantaran Sungai Gajah Wong, Kampung Gambiran. Foto: Ist

YOGYAKARTA – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke 101 yang dilaksanakan Kodim 0734/Yogyakarta menuai simpati masyarakat, salah satunya dari Anak Korp Baret Merah (AKBM) Cabang Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Anggota AKBM turut terjun dalam kegiatan Pra TMMD dengan membantu anggota TNI bersama warga membangun talud di bantaran Sungai Gajah Wong, Kampung Gambiran, Kelurahan Pandeyan, Kecamatan Umbulharjo, Sabtu (31/03/2018).

Ketua umum AKBM periode 2017-202, Heru Djanbi mengatakan, kepedulian terhadap sosial kemasyarakatan menjadi latar belakang kepengurusan AKBM. Sejauh ini, kata dia, beragam kegiatan sosial sudah dilakukan AKBM. Meskipun AKBM adalah anak dari Anggota Korps Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD, namun kegiatan yang dilakukan juga bekerjasama dengan instansi lain,

“AKBM adalah organisasi yang didirikan untuk memenuhi dahaga silaturahmi di antara anak-anak kolong Baret Merah. Kami masih terbilang baru dan dengan keanggotaan yang sedikit, karena jumlah Kopassus juga tidak banyak. Tentu wajar apabila AKBM belum banyak dikenal masyarakat. Meski masih kecil, tapi AKBM berusaha untuk terus eksis di tengah masyarakat,” ujarnya di sela-sela membantu pembanguan talud.

Heru menjelaskan, sebelum bergabung bersama Satgas TMMD, organisasinya juga sudah melaksanakan kegiatan bekerjasama Kodim 0734/Yogyakarta.  Belum lama ini, kata dia, AKBM sudah menyelenggarakan kegiatan Donor Darah, Bazar dan Pengobatan Gratis yang dilaksanakan di Makodim 0734/Yogyakarta.

Noris selaku ketua Korda AKBM cabang DIY menambahkan, selain berpartisipasi dalam pelaksanaan  pembangunan fisik, AKBM juga berencana ikut memberikan penyuluhan-penyuluhan kepada warga. Ia berharap dengan bantuan AKBM, pembangunan fisik TMMD segera selesai dan bisa dimikmati manfaatnya oleh warga.

“Mudah-mudahan TMMD yang berlangsung ini bisa berlanjut dan berkembang baik untuk meningkatkan kemajuan kampung ini. Terima kasih kepada bapak Dandim 0734, karena kami telah diberi kesempatan untuk terlibat langsung dalam pelaksanaan kegiatan TMMD. Ini merupakan pengalaman yang tak terlupakan bagi kami,” imbuh Noris.

Sementara Danramil 07/Umbulharjo, Mayor Kav Cecep S.Sos, mengapresiasi  AKBM Cabang DIY yang telah ikut berperan aktif membantu Satgas TMMD dan warga untuk menyukseskan program TMMD Reguler ke-101 ini.

Mayor Cecep menjelaskan, TMMD merupakan program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Polri, Kemnterian atau Lembaga Pemerintahan Non Kementerian dan Pemerintah Daerah, serta segenap lapisan masyarakat di seluruh wilayah Indonesia.

TMMD, Kata Mayor Cecep, merupakan bagian dari komitmen TNI untuk ikut serta membangun Bangsa dan Negara bersama komponen Bangsa lainnya secara sinergi dan berkesinambungan untuk membantu pembangunan fisik dan non fisik di pedesaan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,

“TMMD ke-101 tahun 2018 yang di gelar Kodim 0734/Yogyakarta ini merupakan bentuk dari kegiatan Bhakti TNI yang melibatkan lintas instansi dan masyarakat, terutama masyarakat Yogyakarta sebagai wujud komitmen TNI dan pemerintah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” pungkas Mayor Cecep yang juga personel Satgas TMMD. (rd)

Redaktur: Ja’faruddin. AS

 

 

 

 

  

 


 





Baca Juga