Jumat, 06/04/2018 23:53 WIB | Dibaca: 481 kali

Pasukan Tempur TNI dari Berbagai Matra Berjibaku di TMMD


Tak hanya dari AD, prajurit TNI AL dan AU beserta anggota Polri juga turut bekerja keras sukseskan TMMD. Foto: Ja'faruddin. AS

YOGYAKARTA – Pasukan tempur TNI dari berbagai matra atau angkatan, turut berjibaku (bekerja keras) dalam menyukseskan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 101 d Kelurahan Pandeyan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

Dari TNI Angkatan Laut (AL)  diterjunkan anggota Marinir, sedangkan dari Angkatan Darat (AD) Batalyon Infanteri 403 / Wirasada Pratista yang merupakan satu – satunya Satuan Tempur yang berada di bawah Korem 072/Pamungkas di wilayah Kota Yogyakarta. Demikian juga dengan TNI Aangkatan Udara (AU) menerjunkan prajurit terbaiknya dalam TMMD.

Pasukan tempur tersebut bersama-sama anggota Polri dan Masyarakat membantu pembangunan talud Bronjong ( kawat disi bebatuan besar) sepanjang 147 meter dilokasi TMMD, Kampung Gambiran, Jumat (06/04/2018).

Peltu Mar Agus Maryanto yang memimpin pasukan Marinir mengatakan, selama giat TMMD ia dan anggotanya berjumlah 10 orang bergabung dengan Kodim 0734/Yogyakarta untuk menyukseskan tugas selain Perang. Dicontohkannya tugas selain perang diantaranya dalam membantu penanganan bencana alam dan Kegiatan Sosial lainnya,

“Seperti juga TMMD yang membantu percepatan Pembangunan dari Program Pemerintah seperti pembangunan Talud, rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), rnovasi MCK dan Balai RW” ujar warga kelahiran Jawa Timur yang sekarang  bertugas di Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta ini.

Sementara itu, Danramil 07 Umbulharjo Mayor Kav Cecep S.sos mengaku puas dan bangga atas kinerja prajurit Satgas TMMD Kodim 0734/Yogyakarta bersama seluruh matra TNI dan Polri beserta masyarakat. Dengan kerjasama tersebut, pembangunan talud yang menjadi sasaran utama tmmd segera selesai.

Menurut Mayor Cecep, hingga hari kedua pelaksanaan TMMD, pembangunan talud sudah mendekati 50 persen,

“Proses pembangunanya terus berjalan, apalagi ada tambahan pasukan dari beberapa satuan TNI AD,TNI AL,TNI AU beserta POLRI. Diharapkan dengan adanya tambahan pasukan tersebut, pembangunan talud akan segera selesai 100 persen,” harapnya.

Di sisi lain, terkait fasilitas para prajurit yang tergabung dalam Satgas TMMD, Perwira Seksi Logistik Kapten Inf Joko Sutikno menyampaikan, sudah disediakan di Pos Komando Taktis (Pos Kotis),

“Fasilitas Satgas TMMD Reguler ke – 101 tergolong sangat lengkap seperti Kaporlap, Makan dan uang saku dapat semua. Kebutuhan para prajurit sudah disediakan di Pos Kotis yang berada tidak jauh dari lokasi pembangunan talud beronjong,”Ungkapnya. 

Ia menambahkan, Satgas TMMD Reguler juga  menginap di rumah warga, agar bisa berbaur dengan masyarakat sekitar sasaran TMMD. Kegiatan  prajurit selama  berada di rumah warga, kata dia, harus bisa menerapkan nilai – nilai 8 wajib TNI agar nama baik satuan bisa terjaga dengan baik,

“Program TMMD ini merupakan bagian dari kembalinya TNI kepada rakyat, untuk bisa mewujudkan dan menyempurnakan alat atau sistem Pertahanan Dan Keamanan Rakyat Semesta (SISHANKAMRATA),”tegas Kapten Joko. (rd)

Redaktur: Ja’faruddin. AS 

 

 


 



Terpopuler


Baca Juga