Sabtu, 21/04/2018 23:39 WIB | Dibaca: 311 kali

Hut Kopassus Ke 66 Dirayakan dengan Tumpengan di Tengah TMMD


Dandim menyerahkan tumpeng kepada purnawirawan dalam acara peringatan HUT ke 66 Kopassus di lokasi TMMD 101 Kodim 0734/Yogyakarta. Foto: ist

YOGYAKARTA -  Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 101 Tahun 2018 Kodim 0734/Yogyakarta merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Komando Pasukan Khusus (Kopasus) Ke 66 dengan menggelar Tumpengan di Taman Legawong Kampung Gambiran, Kelurahan Pandeyan, Kecamatan Umbulharjo, Sabtu (21/04/2018).

HUT pasukan elit TNI AD yang dahulunya bernama Resimen Para Komando Angkatan Darat (RPKAD) tersebut diikuti oleh Ormas Anak Korp Baret Merah (AKMB) Kota Yogyakarta dan dan Purnawirawan Kopassus.

“Keterlibatan anak dan purnawirawan tersebut menunjukkan bahwa hubungan jiwa Korp Baret Merah sangat kuat dan solid, tetap saling bersinergi di dalam kegiatan apapun,” kata Komandan Kodim 0734/Yogyakarta Letkol Rudy Firmansyah S.E,.M.M.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim berkesempatan memotong tumpeng pertama dan diserahkan kepada purnawirawan.

Dikatakan orang nomor satu di Kodim 0734/Yogyakarta, pemberian nasi tumpeng kepada Purnawirawan Korps Baret Merah tersebut mengandung makna sebagai bentuk soliditas antara Keluarga Besar Kopassus,

“Pada kesempatan ini, perwira staf dan seluruh anggota Kodim 0734/Yogyakarta mengucapkan Dirgahayu Kopassus yang ke-66, semoga selalu sukses dan selalu dicintai masyarakat,” ujar Dandim.

Selain itu, menurut Perwira dengan dua melati dipundaknya ini, penyerahan tumpeng yang diserahkan kepada Purnawirawan Korp Baret Merah yang di wakilkan oleh Letnan Kolonel Purnawirawan Suparjo, juga sebagai bentuk empati Kodim Jogja terhadap pengabdian Purnawirawan Korp Baret Merah yang diberikan untuk NKRI dan masyarakat.

"Ini juga sebagai bentuk sinergitas dan kebersamaan yang selama ini sudah terbangun dengan baik, untuk itu kita wujudkan dalam seremonial berupa penyerahan dan pemotongan tumpeng dari Dandim 0734/Yogyakarta,” imbuh Dandim yang juga berasal dari korps Kopassus.

Letnan Kolonel Purnawirawan Suparjo mengungkapkan, garda bhayangkari negara ini yang paling terakhir adalah TNI, sehingga harapannya TNI tidak boleh dipecah belah.

"TNI harus semakin solid untuk mengawal pembangunan bangsa ini seperti saat ini, Kodim Kota Jogja melaksanakan TMMD Reguler ke 101 ," tuturnya

Usai menyerahkan tumpeng dari Dandim kepada Letnan Kolonel Purnawirawan Suparjo, jajaran TNI dan Purnawirawan TNI serta AKBM yang mengikuti acara tersebut dengan kompak berteriak salam Komando,

"Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat dan Profesional. Siap Mewujudkan Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian".

Setelah itu jajaran anggota TNI, Purnawirawan TNI dan AKBM kemudian saling berfoto bersama dan saling berinteraksi dengan suasana penuh keakraban. Usai tumpengan, dilanjutkan Kerja Bhakti, berbaur dengan Satgas TMMD Reguler ke 101 melaksanakan pengangkatan batu untuk membangun talud di Sungai Gajah Wong. (kt1)

 Redaktur: Faisal

 

 


 



Terpopuler


Baca Juga