Kamis, 01/11/2018 18:59 WIB | Dibaca: 317 kali

Petunjuk Operasi TNI AL Terus Disempurnakan


Sidang Dewan Pengembangan Operasi dan Taktik (Wanbangopstik) TNI AL ke-73 tahun 2018, di Gedung Laut Natuna, Mako Kolinlamil. Foto: ist

JAKARTA - Sebanyak 161 Perwira Menengah (Pamen) dari berbagai Komando Utama (Kotama) TNI Angkatan Laut seluruh Indonesia, mengikuti sidang Dewan Pengembangan Operasi dan Taktik (Wanbangopstik) TNI AL ke-73 tahun 2018, di Gedung Laut Natuna, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (1/11).

Sidang yang membahas 7 makalah dan berlangsung dua hari itu secara resmi dibuka langsung oleh Asisten Operasi (Asops) Kasal Laksda TNI Didik Setiyono.

Sidang Wanbangopstik kali ini dengan mengambil tema “Melalui Sidang Wanbangosptik LXXIII tahun 2018 Berkomitmen Merumuskan dan Menyempurnakan Petunjuk Penyelenggaraan Yang Lebih Adaptif".

Forum Wanbangopstik ini merupakan forum yang bernilai strategis, khususnya bagi perwira-perwira TNI Angkatan Laut dalam melakukan pengkajian, pengembangan dan pengujian doktrin-doktrin dilingkungan TNI AL untuk dapat menghasilkan pemikiran-pemikiran solutif berkaitan dengan permasalahan tugas yang dihadapi oleh TNI AL dengan dinamika perkembangan strategis berdasarkan referensi yang jelas dan pengalaman operasi, yang akan mewarnai kemajuan cara bertempur dan pencapaian kinerja TNI Angkatan Laut.

Asops Kasal Laksda TNI Didik Setiyono mengatakan, melalui forum ini akan lebih menitikberatkan kepada diskusi yang bersifat pengembangan strategi, taktik dan operasi dalam menjawab tantangan akan perkembangan situasi terkini.

"Hasil dari forum ini nantinya akan menjadi acuan dan mendukung dalam penyusunan petunjuk-petunjuk operasi," tegasnya.

Selain itu pula diharapkan dari forum strategis ini akan terlaksana pemutakhiran produk piranti lunak yang mampu menjawab tuntutan dan tantangan tugas TNI AL ke depan demi membangun TNI AL yang professional dan modern.

Hadir pada pembukaan tersebut, Panglima Koarmada I, Panglima Koarmada III, Panglima Kolinlamil, Waaspotmar Kasal, Wagub AAL, Komandan Puspenerbal, Kadispotmar Mabesal, Komandan Lantamal III, Dirdok Kodiklatal, dan Komandan Guspurla Koarmada II.

Tampak juga pejabat yang mewakili seperti Asops Kormar, Dirjianstraops Seskoal dan Koorsahli Pushidrosal. (pr)

Sumber: Dispen Kolinlamil


 





Baca Juga