Kamis, 17/01/2019 09:27 WIB | Dibaca: 276 kali

Lanal Yogyakarta Gelar Bakti Sosial Bersih Pantai Pandansari Bantul


Peringati Hari Dharma Samudera, Lanal Yogyakarta Bersihkan Pantai Pandansari bersama pelajar dan masyarakat. Foto: ist

BANTUL - Sebagai upaya mengimplementasikan nilai-nilai luhur pada peringatan Hari Dharma Samudera Tahun 2019, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta Lantamal V melaksanakan kegiatan Bhakti Sosial Bersih Pantai di pantai Pandansari Dusun Wonoroto, Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul Yogyakarta, Rabu (16/01/19).

Bhakti sosial tersebut dipimpin langsung Komandan Lanal (Danlanal) Yogyakarta Letkol Mar Bambang Adriantoro.

Trut hadir Perwira Pelaksana (Palaksa) Lanal Yogyakarta Letkol Laut (P) R. Haryo Wiji Pratomo, S.H, M.Mar Stud, beserta perwira staf, prajurit dan PNS Lanal Yogyakarta, personel dari Pos TNI Angkatan Laut (Posal) Samas.

Turut serta dalam kegiatan, siswa sekolah kelautan SMK Negeri 1 Sanden yang merupakan binaan dari Lanal Yogyakarta dan warga pesisir yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) pantai Pandansari.

Pada kesempatan memberikan sambutan sebelum pelaksanaan kegiatan, Danlanal Yogyakarta mengajak personelnya dan binaan Lanal Yogyakarta serta masyarakat sekitar untuk sama-sama melaksanakan kegiatan bersih-bersih pantai Pandansari.

Menurutnya, hal itu sebagai salah satu obyek wisata, dimana kegiatan ini bertujuan agar dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat sekitar maupun meningkatkan nilai kepariwisataan di wilayah pantai selatan Kabupaten Bantul sehingga dapat memberikan dampak peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat sekitar pantai. Ditekankan Danlanal, yang terpenting adalah ikut serta dalam melestarikan ekosistim kawasan pesisir pantai,

"Selain menyelenggarakan upacara dan doa bersama di Mako Lanal Yogyakarta, juga perlu dilaksanakan berbagai rangkaian kegiatan dalam mengimplementasikan nilai-nilai luhur mengenang Pertempuran Laut Arafura, salah satunya dengan karya nyata bersih pantai agar dapat memberikan sumbangsih baik untuk lingkungan maupun masyarakat", tegas Danlanal Yogyakarta.

Sebagai tanggapan atas terlaksananya kegiatan Bhakti Sosial bersih pantai, diwakili oleh Ketua Pokdarwis pantai Pandansari Bpk Rohjiyanto menyampaikan ucapan terimakasih atas kepedulian dan kegiatan bersih pantai Pandansari dari Lanal Yogyakarta serta berharap kegiatan serupa dapat dilaksanakan kembali dilain kesempatan sekaligus sebagai upaya untuk mempromosikan obyek wisata pantai selatan khususnya Pantai Pandansari. (pr)

Sumber: Pen Lanal Yogyakarta


 



Terpopuler


Baca Juga