Sabtu, 27/04/2019 19:53 WIB | Dibaca: 251 kali

Sambut Mudik Lebaran 2019, Lima Ruas Tol Baru Akan Dibuka


Ilustrasi. Foto: ist

JAKARTA - lima ruas tol baru akan dibuka sebagai jalur fungsional untuk mendukung kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 2019 mendatang.

 Kelima ruas tol fungsional tersebut adalah Tol PandaanMalang seksi I-III sepanjang 30,6 Kilometer (Km), Terbanggi BesarPematang PanggangKayu Agung (189,20 Km), Medan Binjai Seksi I Segmen HelvetiaJalan Veteran (2,8 Km), ManadoBitung (Ss. Sukur Ss. Kauditan) sepanjang 18 Km, BalikpapanSamarinda seksi I III (70,5 Km). Total panjang tol fungsional adalah 311,1 kilometer.

 Tol fungsional rencananya akan dibuka Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mulai H-10 hingga H+10 Lebaran yang ditandai dengan penghentian semua pekerjaan konstruksi yang tengah berjalan,

“Kementerian PUPR berupaya seoptimal mungkin, agar mudik Lebaran tahun ini lebih baik dari tahun tahun sebelumnya dari sisi keamanan, keselamatan, dan kenyamanan,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (27/04/2019).

Dikatakan Basuki, pemerintah juga mengoptimalkan seluruh infrastruktur jalan tol yang telah beroperasi untuk arus mudik tahun ini,

“Seperti Tol Trans Jawa mulai dari Merak hingga Probolinggo yang telah tersambung sepanjang 964 Kilometer,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit memprediksi penggunaan jalur darat pada Lebaran tahun ini akan meningkat dari tahun sebelumnya. Hal itu, kata dia, seiring dengan minat masyarakat yang besar untuk mencoba jalur jalur baru tol, sekaligus untuk berekreasi ke destinasi wisata yang dilalui.

Danang memprakirakan sedikitnya 8,44 juta kendaraan yang terdiri dari 3,76 juta kendaraan pribadi dan 4,68 juta bus akan melintas saat mudik Lebaran 2019. Dari data Litbang Kementerian Perhubungan, diperkirakan sekitar 40 persen menggunakan jalan tol atau sekitar 3,376 juta orang selama periode Lebaran 2019,

“Dengan kata lain, diperkirakan sebanyak 640 ribu kendaraan menggunakan jalan tol saat arus mudik dan 750 ribu kendaraan pada arus balik,” ungkap Danang. (kt7)

Redaktur: Hamzah


 





Baca Juga