Senin, 02/12/2019 19:35 WIB | Dibaca: 151 kali

Pendaftaran Panwascam di Bawaslu Sleman Masih Minim Peminat


Panitia rekruitment Pengawas Kecamatan melayani pendaftar di Kantor Bawaslu Sleman. Foto: Ja'faruddin. AS

SLEMAN – Pilkada di Kabupaten Sleman akan dilaksanakan pada 23 September 2020 mendatang. Sebagai salah satu langkah persiapan, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sleman mulai melaksanakan tahapan pendaftaran atau rekrutmen calon Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam). 

Koordinator SDM dan Organisasi sekaligus ketua Pokja Rekrutment Panwascam Bawaslu kabupaten Sleman, Vici Herawati menyatakan penerimaan berkas pendaftaran sudah dimulai sejak 27 November hingga tanggal  3 Desember 2019 besok,

”Sampai saat ini masih ada beberapa kecamatan yang masih minim pendaftar, seperti Kecamatan Minggir, Gamping, Ngemplak, Godean, Moyudan, Seyegan, Mlati, Depok, Berbah, Prambanan, dan Cangkringan ” kata Vici saat ditemui di sekretariat Bawaslu Kabupaten Sleman di Jl. Radjimin Sucen, Triharjo Sleman, Senin (02/12/2019)

Vici mengatakan, Bawaslu Kabupaten Sleman akan merekrut sebanyak 51 orang Panwascam untuk Pilkada 2020. Karena jumlah ini disesuaikan dengan jumlah Panwascam yaitu 3 orang per kecamatan. Sementara di Sleman terdapat 17 kecamatan.

“Sehubungan dengan masih minimnya pendaftar di beberapa kecamatan, Bawaslu Kabupaten Sleman terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat, sehingga kuota bisa terpenuhi minimal jumlah 2 kali kebutuhan Panwascam per kecamatan atau minimal 6 pendaftar,” imbu Vici.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Sleman, Karim Mustofa mengatakan, apabila sampai tanggal 3 Desember pukul 00.00  WIB belum terpenuhi jumlah minimal 6 orang pendaftar, maka pendaftaran akan diperpanjang untuk kecamatan tersebut.

Karim menjelaskan, adapun persyaratan administrasi Calon Panwascam yang akan mendaftar yaitu melampirkan Foto Copy (FC) KTP elektonik, Pas Foto Ukuran 4X6 sebanyak 5 lembar, FC Ijazah yang dilegalisir, daftar riwayat hidup,surat keterangan jasmani dan rohani, surat bebas narkoba, surat pernyataan, serta lamaran. Pendaftar bisa meyerahkan langsung berkas lamaran ke Kantor Bawaslu Sleman,

“Untuk lamaran, pernyataan, serta riwayat hidup formatnya bisa diunduh di website Bawaslu Sleman (sleman.bawaslu.go.id). Masing-masing persyaratan dicopy rangkap 3. Jika ada dilampirkan juga karya tulis, sertifikat atau piagam terkait kegiatan kepemiluan,” terangnya.

Adapun jadwal lengkap rekrutmen Panwascam untuk Pilkada 2020 di Sleman, masing-masing pengumuman seleksi administrasi 12 Desember 2019, tanggapan dan masukan dari masyarakat 12 -15 Desember 2019, test tertulis dan wawancara 13 - 17 Desember, pengumuman hasil test wawancara 18 Desember 2019. Sementara itu untuk jadwal pelantikan dijadwalkan tanggal 20 - 21 Desember 2019 mendatang

”Untuk persyaratan administrasi bisa di lihat di website resmi Bawaslu kabupaten Sleman. Adapun untuk surat keterangan sehat rohani serta surat keterangan bebas narkotika dilengkapi setelah dinyatakan lulus menjadi Panwascam dan dilampirkan pada saat pelantikan,” pungkas karim. (rd)

Redaktur: Ja’faruddin AS

 

 


 





Baca Juga