Mantapkan Pengawasan Pilkada 2020, Bawaslu Bantul Beri Pembekalan Panwascam


Rakor Panwascam Se Kabupaten Bantul di Hotel Tirta Kencana Ring road timur, Banguntapan, Bantul, Kamis (26/12/2019). Foto:ist

BANTUL - Anggota Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) se Kabupaten Bantul mengikuti rapat koordinasi (Rakor) yang digelar Bawaslu Kabupaten Bantul di Hotel Tirta Kencana Ring road timur, Banguntapan, Bantul, Kamis (26/12/2019). 

Anggota Bawaslu Kabupaten Bantul Divisi PHL, Supardi mengatakan Rakor digelar untuk meningkatkan kapasitas anggota Panwascam yang akan melaksanakan tugasnya dalam Pemilihan Kepala Daerah 2020 mendatang,

"Dengan diselenggarakannya kegiatan ini diharapkan ada peningkatan kapasitas, peserta menguasai administrasi hasil pengawasan, ketrampilan dalam penanganan dugaan pelanggaran hasil pengawasan selain itu Pengawas Pemilihan Kecamatan juga mempunyai inovasi program - program dalam pengawasan," katanya dalam pers rilis yang diterima redaksi, Jumat (27/12/2019).

Dalam Rakor, Ketua Bawaslu Kabupaten Bantul sekaligus Divisi Penindakan Pelanggaran, Harlina, S.H menyampaikan materi terkait penindakan terhadap pelanggaran. Dalam materi tersebut, Panwascam dibekali pengetahuan tentang bagaimana tindak lanjut dugaan pelanggaran dan batas waktu pelaporan, dan alur penyelesaian tindak pindana pemilihan.

Panwascam juga dibekali terkait dengan orientasi Pengawas Pemilihan Kecamatan dan Pokdarlih (Kelompok Sadar Pemilih). Pokdarlih adalah kelompok masyarakat yang berkomitmen menjadi relawan yang akan menolak, melawan dan melaporkan segala bentuk pelanggaran pemilihan,

“POKDARLIH diharapak juga menginisiasi bentuk-bentuk sosialisasi tentang pemilihan kepada masyarakat diwilayahnya.  Gerakan ini menjadi gerakan sosial yang masif untuk mewujudkan demokrasi yang berintegritas, sehingga mampu menjadi garda terdepan dalam melakukan pencegahan terhadap semua bentuk pelanggaran,” katanya.

Dalam kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua Bawaslu DIY Bagus Sarwono yang sekaligus memberikan pembekalan kepada Panwascam tentang cara membangun soliditas tim dan permasalahan apa saja yang mungkin terjadi di dalam sebuah tim.Ia berharap nantinya di Kecamatan solidaritas tim tetap dijunjung tinggi.

Selain pemaparan materi, Panwas Pemilihan Kecamatan juga dilatih secara langsung untuk membuat laporan pengawasan. (pr/kt1)

Redaktur: Faisal

 

 


 





Baca Juga