244 Pendaftar Terjaring, Bawaslu Sleman Tutup Pendaftaran Panwaslu Desa


Data Pendaftar Panwasludes Se-Kabupaten Sleman. Foto:doc/Bawaslu Sleman

SLEMAN - Bawaslu Kabupaten Sleman menutup pendaftaran calon anggota Panitia Pengawas Pemilu Desa (Panwaslu Desa) untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sleman tahun 2020, Sabtu (22/02/2020).

Total pendaftar yang sudah mengirimkan berkas lamaran dan sudah melalui proses wawancara sebanyak 244 pendaftar yang tersebar di 86 desa se-Kabupaten Sleman,

“Pendaftaran Panwaslu Desa untuk Pemilihan Bupati Sleman tahun 2020 secara resmi sudah kami tutup Sabtu kemarin,” kata Ketua Bawaslu Kabupaten Sleman Muhammad Abdul Karim Mustofa di Sleman, Senin (24/02/2020).

Hal senada disampaikan Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia dan Data Informasi Bawaslu Kabupaten Sleman Vici Herawati.

Dia merinci, dari 244 pendaftar yang sudah melalui proses seleksi, sebanyak 152 orang adalah laki-laki dan 92 orang perempuan. Proses pendaftaran ditutup karena sudah memenuhi batas minimal kuota pendaftar untuk setiap desa,

“Panwaslu Desa terpilih itu kan jumlahnya satu orang untuk setiap desa, dan dari daftar pelamar yang sudah mengajukan lamaran ke sekretariat Panwaslu Kecamatan jumlahnya sudah memenuhi kuota minimal dua orang pelamar untuk setiap desa, satu plus satu, satu orang Panwaslu Desa terpilih dan satu orang calon Panwaslu Desa calon Pengganti Antar Waktu,” kata Vici.

Sebelum menerima berkas pendaftaran, jelas Vici, seluruh Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Sleman telah menempelkan pengumuman penerimaan pendaftaran calon Panwaslu Desa di kantor-kantor kecamatan, kantor desa, titik-titik strategis, dan media sosial pada 10 – 16 Februari lalu. Proses pendaftaran dan wawancara sendiri digelar pada 16 – 22 Februari 2020.

Selama proses pendaftaran, lanjutnya, setelah memasukkan berkas lamaran, setiap calon Panwaslu Desa langsung mengikuti seleksi wawancara oleh komisioner Panwaslu Kecamatan. Setelah itu, hasil seleksi dirangking oleh Panwaslu Kecamatan dan akan dipilih satu calon Panwaslu Desa terpilih untuk diumumkan dan dimintai tanggapan dari masyarakat,

“Sesuai jadwal yang telah ditetapkan, pengumuman Panwaslu Desa terpilih akan dilaksanakan tanggal 12 Maret nanti. Pelantikannya antara tanggal 13 hingga 20 Maret,” tutupnya. (pr/kt1)

Redaktur: Faisal   

 

 

 

 

 

 

 


 





Baca Juga