Jumat, 05/03/2021 13:03 WIB | Dibaca: 217 kali

Monitoring dan Evaluasi Tusi Bapas Jogja, penuhi Target Kinerja B03


Monitoring dan Evaluasi Tusi Bapas Jogja, penuhi Target Kinerja B03, Foto Serafina

Yogyakarta - Kepala Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Yogyakarta, Muhammad Ali Syeh Banna, memimpin rapat dengan seluruh pegawai di ruang Sidang Tim Pengamat Pemasyarakatan(TPP) Bapas Kelas I Yogyakarta, Jalan Pangurakan No 1 Yogyakarta, Jumat(05/03/2021).

Rapat tersebut diagendakan membahas tiga hal yaitu penyelesaian target dan pelaporan B03, penyelesaian penelitian kemasyarakatan(litmas), dan evaluasi penggunaan aplikasi Sistem Surat Masuk dan Surat Keluar(SISUMAKER) di Bapas Kelas I Yogyakarta. Dalam rapat tersebut Kepala Bapas mengingatkan pelaporan B03 yang antara lain mencakup laporan kegiatan Kelompok Masyarakat(Pokmas), persiapan pembangunan gedung baru Bapas Kelas I Yogyakarta, dan keterlibatan Bapas dalam pengembangan Sistem Peradilan Pidana Terpadu berbasis Teknologi Informasi (SPPT-TI). “Bagi segenap Pembimbing Kemasyarakatan dan Asisten Pembimbig Kemasyarakatan diharapkan untuk selalu membaharui data laporan bimbingan yang ada di aplikasi Sistem Informasi Monitoring Narapidana Asimilasi dan Integrasi(SIMONAS), karena laporan SIMONAS juga diminta diikutkan dalam pelaporan B03”, ungkap Ali Syeh kepada peserta rapat.

Sementara itu dalam pembahasan penyelesaian litmas, peserta rapat yang sebagian besar merupakan JFT Pembimbing Kemasyarakatan mengungkapkan adanya kendala pada arsip litmas yang dikirim melalui aplikasi SISUMAKER. Hal itu dibenarkan oleh Sri Astuti selaku Kasubsi Registrasi Klien Dewasa “Memang benar banyak arsip yang belum tersampaikan kepada saya. Namun sampai hari ini untuk penyelesaian litmas sudah mendekati seratus persen”. Dalam kesempatan tersebut disampaikan pula hasil monitoring dan evaluasi pelaksanaan SPPT-TI yang sebelumnya diselenggarakan di PN Yogyakarta.

Penggunaan aplikasi SISUMAKER yang baru berjalan di Bapas Kelas I Yogyakarta belum sepenuhnya berjalan dengan lancar karena terkendala jumlah pegawai yang menguasai aplikasi tersebut. Dalam rapat ini kemudian dibahas alur untuk surat masuk dan surat keluar agar dapat terdistribusi dengan cepat dan tepat. “Harapannya tidak ada lagi keterlambatan-keterlambatan yang dapat berpengaruh kepada kinerja kita semua dan semuanya dapat bekerja dengan baik” tutup Ali Syeh mengakhiri rapat.(Sera)

Redaktur : Hennyra


 





Baca Juga