Ratu Kidul Dipercaya di Berbagai Belahan Negeri

SEBAGIAN masyarakat jawa masih mempercayai sosok Ratu Kidul, yang mempunyai istana di Pantai Selatan Jawa. Di kalangan beberapa paranormal kejawen, Ratu yang menjadi ‘penguasa’ alam ghaib ini beristana di Laut dengan pantai Parang Kusumo, Bantul, Yogyakarta. Namun ternyata kanjeng ratu ini juga dipercaya oleh sebagian masyarakat Sumatera yang bermukin di sepanjang pesisir pantai Samudera Hindia.

Konon, menurut keyakinan sebagian masyarakat, Kanjeng Ratu Kidul merupakan sosok yang baik dan menjaga daerah pesisir pabtai sepanjang Samudera Hindia dari perbuatan Maksiat. Terkait asal-usul Kanjeng Ratu Kidul ini memang banyak versi yang berkembang. Ada yang mengatakan ia merupakan seorang puteri dari Kerajaan Siliwangi. Tetapi masyarakat pesisir Sumatera menganggap Kanjeng Ratu Kidul atau disebut juga Ibu Ratu Kidul ini sebagai sosok makhluk ghaib beraliran putih atau baik.

Karakteristik baik yang digambarkan dari sosok Ratu Kidul ini juga mirip dengan perwatakan dewi Kuan Im dalam kepercayaan masyarakat Thiong Hoa (Budha).

Perlambang kecantikan, kekuasaan, dan baik hati dari seorang wanita yang melekat pada Ratu Kidul ini, ternyata tak hanya dipercaya oleh sebagian masyarakat, jawa atau Indonesia, namun juga di berbagai belahan dunia. Terlepas benar atau tidaknya sosok ratu alam ghaib tersebut, namun harus diakui hal itu sudah menjadi bagian budaya masyarakat, khususnya masyarakat Jawa. (gng)

Redaktur: Syarifudin

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *