Kampung Wisata Bleberan Suguhkan Suasana Khas Pedesaan

GUNUNGKIDUL – Bosan dengan suasana di perkotaan, datang saja di kota Belalang (Gunungkidul). Kota Belalang memiliki segudang destinasi wisata alam hingga kampung wisata yang menyuguhkan khas suasana pedesaan. Berikut salah satu kampung wisata yang ada di Kota Belalang.

Kampung wisata di Desa Bleberan, Kecamatan Playen. Letaknya tidak jauh dari kawasan wisata air terjun Sri Getuk. Kampung wisata dibuat tidak lain sebagai pendukung wisata air terjun Sri Getuk.

Salah seorang wisatawan asal Jakarta Fitri (27) mengaku belum puas menikmati keindahan alam di wisata air terjun Sri Getuk, sehingga ia bersama rombongan memilih untuk bermalam di kampung wisata Desa Bleberan. Selain diajak untuk menikmati alam, Fitri bersama rombongan diajak untuk mengenal seni dan budaya asli Desa setempat.

“Di Jakarta wisata semacam ini (kampung wisata) jarang sekali untuk ditemui. Makanya kami tertarik untuk bermalam di kampung wisata ini (Desa Bleberan,” ungkapnya kepada wartawan, Minggu (08/2) pagi.

Fitri mengatakan, selama berwisata di Desa Bleberan ia benar-benar merasakan menjadi orang pedesaan yang semuanya penuh kealamian. Ketika tidur tidak terdengar suara bising kendaraan dan ketika ingin memasak bisa langsung megambil bahan masakan di kebun.

“Banyak pilihan juga acaranya di malam hari, malam itu kami memilih untuk belajar memainkan gamelan dan belajar menjadi seorang dalang. Pokoknya seru,” ungkapnya.

Pengelola Kampung Wisata Desa Bleberan Okik mengatakan, kampung wisata menyuguhkan suasana baru bagi wisatawan luar daerah yang tinggal di perkotaan. Karena wisatawan sehari-harinya tidur di rumah mewah ataupun hotel, tetapi di kampung wisata Bleberan tidak.

“Di kampung wisata kami menyediakan rumah-rumah warga untuk dijadikan home stay. Dengan tinggal di rumah warga, wisatawan akan merasakan langsung alaminya kehidupan di desa,” jelasnya. (dit)

Redaktur: Azwar Anas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.