TNI-AD Janji akan Kawal Ketat Pilpres

MAGELANG – Meski tidak berperan langsung dalam pengamanan Pemilu Presiden 9 Juli mendatang, namun TNI Angkatan Darat akan mengerahkan puluhan ribu personil untuk diperbantukan (BKO) ke kepolisian. Personil tersebut nantinya akan bertugas menjaga keamanan sebelum dan sesudah pelaksanaan Pilpres.

KASAD TNI Jendral Budiman mengatakan, TNI-AD berkomitmen membantu polisi untuk menjaga keamanan Pilpres sehingga Pemilu berlangsung secara luber daj jurdil. Pihaknya juga menambahkan, seluruh aparat teritorial mulai dari Babinsa, Koramil, Korem, Kodim hingga Kodam akan disiagakan dan disebar di berbagai wilayah di Indonesia. Mereka dituntut untuk terus mengawal penyelenggaran pesta demokrasi serta melakukan pengawasan terhadap titik rawan yang dapat mengacaukan pelaksanaan pilpres.

“Semua wilayah menjadi prioritas pengamanan karena semua berpotensi terjadi kekacauan dengan tingkat kerawanan masing-masing. Di Papua misalnya rawan dengan gerakan pengacau keamanan dan sebagainya,” kata KASAD TNI Jenderal Budiman, disela-sela kunjungan kerja di Akademi Militer (AKMIL) Kota Magelang, Jumat (9/5/2014).

Menurutnya, pengamanan telah dilakukan sejak pelaksanaan pemilihan anggota legislative (Pileg) April 2014 lalu. Selanjutnya, pengamanan akan dilakukan menjelang Pilpres sampai pemungutan suara dan ketika kondisi sudah benar-benar kondusif. Tindakan ini sebagai tanggung jawab prajurit demi keutuhan dan kedaulatan bangsa Indonesia. “Yang pasti kita sebagai prajurit TNI-AD harus netral . Kita akan bantu kepolisian dengan seoptimal mungkin dan semampu kita,” ujarnya.

Sementara itu, Polres Magelang Kota sejauh ini belum menentukan jumlah personil yang akan disiagakan untuk mengamankan tahapan Pilpres. Hal itu mengingat Komisi Pemilihan Umum (KPU) saat ini juga tengah melaksanakan persiapan tahapan rapat pleno penetapan calon anggota legislatif tahun 2014.

“Sementara kita baru menyiapkan personil yang untuk pengamanan tahapan rapat pleno penetapan caleg terpilih. Jumlahnya yaitu sebanyak 268 personil dan akan siaga selama tiga hari mulai 9-11 Mei besok,” jelas Kapolres Magelang Kota AKBP Tommy Aria D melalui Kasubbag Humas AKP Murdjito.

Dia menambahkan, personil untuk pengamanan Pilpres nantinya akan disiagakan sesuai dengan jadwal. (war)

Redaktur: Azwar Anas

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.