Ini Buku ‘Gaul’ Tapi Berbobot yang Perlu Dibaca Saat Kelangkaan BBM Terjadi

SETIAP aktivitas hidup kita sehari-hari pasti membutuhkan energi. Oleh karenanya energi niscaya harus tersedia dengan cukup dan pasokannya harus aman disetiap saat.

Ketiadaan dan kelangkaan energi berakibat langsung terhadap semua kegiatan hidup kita, sehingga akibat lanjutannya adalah sesuai supply and demand. Kelangkaan energi membuat harganya makin mahal. Itu yang sempat dialami masyarakat beberapa hari terakhir saat terjadi kelangkaan BBM di sejumlah SPBU.

Di sisi lain banyak masyarakat kita yang hanya mengenal tapi kurang memahami, persoalan energi. Hal itu menjadi sesuatu yang wajar karena soal teknis energi ini memang hanya banyak dikuasai oleh para ahlinya. Akibatnya, ketika terjadi persoalan tidak tersedianya energi, masyarakat menjadi panik.

Buku ‘Energi Selamatkan Negeri’ karya Dr. Herman Darnel Ibrahim yang sudah beredar di toko-toko buku ini memecah kebuntuan pengetahuan masyarakat tentang energi yang begitu penting dalam kehidupan bermasyarakat.

Pasalnya buku yang ditulis Direktur Indonesia Power, Direktur PLN dan Anggota Dewan Energi Nasional RI periode 2000 sampai 2009 ini, disajikan dengan bahasa yang lugas, ‘gaul’ ala Ali Topan Anak Jalanan oleh sang penyunting, Novelis Teguh Esha. Dengan demikian diharapkan semua kalangan bisa memahaminya, terutama anak-anak muda setingkat SMA yang kelak akan mewarisi estafet kepemimpinan di negeri ini.

Buku ini mengupas seluk beluk energi dengan segala persoalannya. Selain itu, penulis juga berusaha membangunkan kesadaran para pemimpin agar bersikap waspada, cerdas, dan bijaksana dalam menggunakan, mengelola sumber dan penyediaan energi.

Dalam sambutannya, menteri Pertahanan RI, Purnomo Yusgiantoro menyatakan, isi buku ‘Energi Selamatkan Negeri’ karya Dr. Herman Darnel ini sangat penting diketahui oleh generasi muda para mahasiswa dan para Pelajar Indonesia.

Namun lebih penting lagi agar buku ini dapat dibaca dan diketahui oleh para pejabat pemerintah, para Anggota legislatif DPR dan DPD, TNI dan Polri, pejabat lembaga Negara, rektor, dosen, dan guru, cendikiawan, pengurus dan kader partai politik, LSM, serta siapapun yang mencintai, mengasihi dan mengasihi rakyat , bangsa dan tanah air; dan berkehendak menyatakan kecintaan mereka di dalam perbuatan, kerjasama dan karya nyata di bidang tugas masing-masing.

Presensi: Aristianto Zamzami (Mahasiswa Pasca Sarjana Pendidikan UNJ, Fungsionaris PB HMI Departemen Kewirausahaan)

DATA BUKU:

Judul: Energi Selamatkan Negeri
Penulis: Herman Darnel Ibrahim
Penerbit: Reform Institute dan MEN (Media Energi Negeri)
Cetakan Ke 1: Juni 2014
Tebal: 181 halaman
ISBN: 978-602-98245-5-1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.